Wisudawan IT Del Jangan Sombong

Wisudawan/ti Institut Teknologi Del mendapat beberapa pesan positif dari Luhut Binsar Pandjaitan, selaku Ketua Pembina Yayasan Del saat menghadiri Wisuda XIX IT Del, Sitoluama Laguboti, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara di Gedung Serbaguna Yayasan Del, Sabtu (15/10/2022).

Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada wisudawan, agar jangan merasa senang secara berlebihan, sedih berlebihan, dan gampang membenci orang lain. Namun harus dapat bekerja secara tim, berkolaborasi, jangan sombong (merasa pintar), dan menganggap bahwa diri kita bisa menyelesaikan semuanya.

“Kita berbeda pendapat sama orang biasa itu, tapi jangan bawa pada kebencian atau permusuhan,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

“Anak-anak muda, bermimpilah yang bagus, tapi jangan sakiti dirimu dengan mimpimu. Kamu juga harus realistis melihat apa yang bisa kau dapat, dan yang tidak. Karena kalau itu (mimpimu) nanti tidak realistis, kau akan sakit sendiri,” ucapnya lagi.

Ia menambahkan, supaya wisudawan memiliki integritas dan karakter yang baik. Dapat berbuat walau sekecil apapun, sebagai bentuk pengabdian. Bekerja dengan hati, karena intelektual saja tidak akan cukup (tidak berguna).

“MarTuhan, Marroha, Marbisuk, itu akan membangun karakter kalian supaya bagus,” sebutnya menambahkan.

Bupati Toba Poltak Sitorus beserta sejumlah pimpinan OPD ikut menghadiri acara wisuda ini.

Sebagai informasi, Rektor IT Del, Arnaldo Marulitua Sinaga menyebutkan, bahwa 370 wisudawan yang diwisuda hari ini, lebih dari 50 persen telah diterima bekerja di berbagai perusahaan. Sebagian lagi melanjutkan studi, dan berwirausaha.

Turut memberikan orasi ilmiah, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly tentang pemahaman Hak Kekayaan Intelektual (HKI), baik yang dimiliki perseorangan ataupun komunal, meliputi budaya tradisional (tor-tor) dan Indikasi Geografis (IG) andaliman sebagai produk yang ada di tanah batak.

Produk yang segera didaftarkan akan mendapatkan hak paten, untuk menghindari terjadinya pertengkaran dikemudian hari, dan menambah nilai ekonomi dari produk tersebut.(MC Toba Pkp )

Kunjungi Website dan Media Sosial Dinas Kominfo Toba, dan Update Informasi terbaru di :
Website. : www.tobakab.go.id
Facebook. : Kominfo Kabupaten Toba
Instagram. : kominfo_toba
Youtube. : PALITO TV Kominfo

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri