Warga Disabilitas di Kecamatan Siantar Narumonda, Sigumpar, dan Silaen Diberi Alat Bantu. Bupati Toba: Kita Berharga Bagi Tuhan!

Sebanyak 31 warga penyandang disabilitas dari Kecamatan Siantar Narumonda,Sigumpar, dan Silaen menerima alat bantu disabilitas dari Dinas Sosial yang diserahkan langsung oleh Bupati Toba Poltak Sitorus di Aula Kantor Camat Siantar Narumonda, Rabu (19/10/2022).

Penyerahan alat bantu bagi penyandang disabilitas merupakan bagian dari Kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, Lanjut Usia Terlantar, serta Gelandangan Pengemis di Luar Panti Sosial pada Dinas Sosial Tahun 2022.

Dalam arahannya, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan bahwa kegiatan penyerahan alat bantu disabilitas ke 3 (tiga) kecamatan sekaligus hari ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, Bupati Toba Poltak Sitorus menekankan kepada 31 warga penyandang disabilitas yang hadir agar tetap semangat dan berbuat baik terutama kepada diri sendiri karena kita berharga di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Bapak dan Ibu yang akan menerima alat bantu disabilitas, tetap semangat menjalani hari, dan tetaplah berbuat baik terutama kepada diri sendiri karena kita semua berharga di hadapan Tuhan. Setelah berbuat baik kepada diri sendiri, selanjutnya kita harus menebarkan kebaikan kepada keluarga, kemudian orang orang di lingkungan kita,” ucap Bupati Toba.

Selanjutnya Bupati Toba Poltak Sitorus memaparkan bentuk kebaikan sederhana yang bisa dilakukan yaitu dengan membuang sampah di tempatnya. Dengan membuang sampah pada tempatnya maka hidup akan lebih sehat, lingkungan akan bersih, dan wisatawan akan datang berkunjung ke Kabupaten Toba.

Maruli Simanjuntak (65) warga Sigumpar Julu, Kecamatan Sigumpar salah seorang penerima bantuan kursi roda menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Poltak Sitorus.

Ia dibantu secara langsung ,naik ke kursi roda barunya oleh Bupati Poltak Sitorus.

“Las roha.Mauliate ma di pemerintah.Ganjang ma umurmu pak Bupati,”katanya. (Terima kasih kepada pemerintah.Panjang umurlah pak Bupati,red)

Berdasarkan data Dinas Sosial, jumlah penyandang disabilitas yang terdata di Kabupaten Toba berjumlah 1.667 jiwa. Dalam laporannya, Tumpal Panjaitan sebagai Kabid Rehabilitasi Sosial Kabupaten Toba menyampaikan bahwa belum semua penyandang disabilitas di Kabupaten Toba terdata di Dinas Sosial, oleh karena itu diperlukan kerja sama perangkat desa untuk melakukan pendataan di desa masing-masing dan melaporkan ke Dinas Sosial.

“Berdasarkan data tahun 2020 dari Biro Pusat Statistik (BPS), jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,5 juta, sedangkan di Toba jumlahnya masih 1.667 jiwa yang terdata. Oleh karena itu para perangkat desa tolong didata warganya dan dilaporkan ke Dinas Sosial,” kata Tumpal.

Turut hadir, Plt. Kadis Sosial Sudirman Sirait, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Camat Siantar Narumonda S. Evendi Marpaung, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, Camat Silaen Moses Simanjuntak, Kabag Umum Samuel Lumban Raja, dan Kabag Prokopim Try Sutrisno Pandapotan Samosir. (MC Toba pkp)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri