Wantanas Kunjungan Kerja Ke Toba

Untuk menyelaraskan komitmen seluruh kabupaten yang tergabung dalam Otorita Danau Toba, dalam pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), maka Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Toba. Kunjungan ke Toba kali ini untuk mengambil sampel masalah yang terjadi yang menyangkut pertahanan Nasional dalam sektor kepariwisataan.

Kehadiran Brigjen TNI Karev Marpaung, S.Sos, M.M Asisten Deputi Urusan Pemerintahan Negara pada Deputi Bid. Sistem Nasional Setjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), beserta rombongan Tim Kerja disambut oleh Bupati Toba dan Pabung 0210/TU, Mayor Inf Kaminton Napitupulu, di mess Pemprovsu Pora-pora Tengku Rizal Nurdin, Parapat, Selasa 30 Maret 2021.

Dari Parapat rombongan bergerak menuju Kaldera Nomadic Escapa di desa Sibisa, untuk meninjau sejauh mana prospek pembangunan yang sudah dikerjakan. Rombongan terlebih dahulu menyambangi lokasi pembangunan kantor BPODT yang dalam waktu dekat akan dikerjakan.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Toba Poltak Sitorus Memperkenalkan Kabupaten Toba dan Visi Misi Kabupaten Toba di dalam Kepemimpinannya. PoltakJuga berharap semakin banyak investor yang menanamkam sahamnya di Kabupaten Toba demi terwujunya perkembangan pariwisata yang berdampak positif bagi masyarakat.

Diskusi yang digelar kurang lebih 2 jam tersebut, Brigjen TNI Karev Marpaung, menyampaikan bahwa Kabupaten dijadikan salah satu sampel dengan isu Permasalah yang terjadi dalam pembangunan KSPN di danau Toba.

“Nanti masalah masalah yang ada di sini akan di ambil sampelnya, dipetakan masalahnya dan besok kami akan berangkat ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk membahas maslah ini dan membuat rencana tindak lanjut” Kata Karev.

Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Audy Murphy O Sitorus juga memaparkan bagaimana sengketa lahan yang ada di daerah kaldera Toba yang menjadi persoalan dalam pembangunan wilayah Kaldera Nomadic Escape Sibisa.

Sebelum beranjak meninggalkan lokasi, Bupati Toba dan Rombongan tak lupa menikmati eksotisnya pemandangan Kaldera Nomadic Escape di sore hari dengan melakukan sesi foto bersama.

Turut juga Hadir Dandim 0210/TU Letkol Czi Rony Agus Widodo, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Toba, Jhon Piter Silalahi dan Camat Ajibata Tigor Sirait.