Wamen Kemendes Resmikan “Dewi Asina ” di Kabupaten Toba.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi, kunjungan kerja ke Desa Sitiotio, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba, Senin 5 Maret 2021.

Kehadiran Wamen disambut langsung Oleh Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus dan Ketua yayasan Aek Natio, Brigjen TNI Karev Marpaung.

Dalam arahannya Bupati Toba menyampaikan apresiasi kepada Brigjen TNI Karev Marpaung, selaku pendiri yayasan Aek Sitiotio Nauli, yang telah mendedikasikan dirinya untuk membangun kampung halaman.

” Saya sangat bangga kepada bapak marpaung, dia lahir di Jakarta tapi dia mau membangun desa asalnya, saya sangat berharap kedepannya semakin banyak putra-putri toba yang terpanggil untuk membangun kampung halamannya ” Kata Poltak.

Poltak Juga menjelaskan secara singkat makna dari pada Rumah batak dan jenis-jenis rumah batak kepada Wamen Budi.

Untuk mendukung desa wisata selain objek yang menarik sebagai daya tarik wisata, juga dibutuhkan Amenitas yaitu penginapan yang dapat berupa rumah tinggal sehingga wisatawan dapat lebih mengenal budaya setempat, juga dibutuhkan rumah makan yang kita harapkan dapat menyajikan makanan lokal. Selain itu dibutuhkan juga atraksi yang menampilkan kearifan lokal yang sesuai budaya setempat, bahkan secara bertahap kami akan melakukan peningkatan kualitas jalan ke objek wisata di bidang aksebilitas. ” Kata Poltak Mengahiri.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi, mengatakan bukti sumbangsih perantau tersebut bisa dilihat dari Desa Siantar Sitiotio, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Desa ini telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Toba karena potensi alam yang luar biasa.

“Seorang perantau yang punya keinginan membangun kampungnya ini hebat, apalagi kalau ada 231 desa di Toba yang memiliki perantau membangun desanya. Saya yakin Toba akan maju mengalahkan kabupaten lain,” ujar Wamendes PDTT

Dia juga mengimbau supaya semua pihak terkait mendukung upaya perantau sukses tersebut untuk meningkatkan kualitas kehidupan warga setempat.

“Keinginan luar biasa bagi para perantau yang ingin membangun desanya agar lebih maju harus kita dukung, apalagi di support juga oleh para pemuda-pemudanya,” kata Wamendes PDTT.

Selain itu Wamendes PDTT berharap seluruh perantau khususnya yang sudah sukses dari Kabupaten Toba, untuk turut membangun desa seperti yang telah dilakukan oleh perantau dari Desa Siantar Sitiotio.

Selesai meresmikan Desa Wisata Aek Sitito Nauli ” Dewi Asina” Wamen bersama dengan Bupati Toba meninjau spot wisata sungai asahan yang terletak di desa Sitiotio dengan menggunakan perahu motor.