Wakil Bupati Toba Buka Bimbingan Teknis Produksi dan Diversifikasi Produk Pangan

Program pemerintah mengembangkan pariwisata Danau Toba harus diikuti berbagai terobosan yang menarik wisatawan.Salah satunya adalah bidang kuliner melalui diversifikasi produk makanan lokal. Selanjutnya pola pikir masyarakat harus diedukasi mengenai apa, bagaimana dan manfaat diversifikasi makanan tersebut.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Kabupaten Toba Tonny M.Simanjuntak saat membuka acara Bimbingan Teknis Produksi dan Diversifikasi Produk Pangan di Kabupaten Toba yang digelar di ruang Meeting room Hotel Serenaul,Laguboti, Selasa (6/4/2021).

Acara ini diadakan oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia Bidang Direktorat Industri Kecil dan Menengah (IKM), Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan.
Pesertanya .ada 25 calon wirausaha baru.Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan.

Menurut Wabup Tonny ,segala potensi lokal dapat dikembangkan hingga memperoleh produk makanan yang bervariasi sehingga membuka peluang untuk kemajuan daerah

Selanjutnya dikatakan agar pihak Direktorat IKM untuk lebih sering melakukan pelatihan kepada para pelaku IKM Toba dan juga bantuan peralatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas produk olahan yang dihasilkan.

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong peningkatan kualitas produk industri kecil dan menengah (IKM) agar semakin bisa bersaing secara global di tengah persaingan yang saat ini semakin lama semakin kompetitif. Untuk itu melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian telah melakukan berbagai program strategis.

Sementara Endang Purweni yang mewakili Direktur IKM Pangan,Furnitur dan Bahan Bangunan mengatakan bahwa kegiatan pengembangan IKM di Kabupaten Toba ini guna meningkatkan nilai tambah komoditi pangan melalui diversifikasi produk olahan yang ada maupun pengolahan produk lainnya.

“Yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha mulai dari sektor hulu sampai dengan hilir.” jelasnya. (MC Toba)