Wakil Bupati dan Kapolres Toba Apresiasi Seremonial Official Sea Trial dan Familiarisasi Dua Unit Bus Air

Wakil Bupati Kabupaten Toba Tonny Simanjuntak SE mengapresiasi keberadaan 2 dua unit kapal bus air untuk Danau Toba, yakni KMP ASA-ASA dan KMP JURUNG-JURUNG. Kapal Milik Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II – Provinsi Sumut, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ini dinilai sangat membantu masyarakat dan wisatawan yang ingin berkunjung dan berkeliling ke Danau Toba.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan pelaksanaan Seremonial Official Sea Trial dan Familiarisasi dua unit Bus air untuk Kawasan Danau Toba. Ini memberikan konektivitas yang sangat bagus,” kata Wakil Bupati saat dikonfirmasi Awak Media di Pantai Pasir Putih Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Senin (22/03/2021) sekira pukul 15.00 Wib

“Ini bisa menjadi salah satu daya ungkit dan daya dorong untuk menjadikan kawasan Danau Toba menjadi super prioritas dan destinasi yang bergengsi,” ujarnya.

Adapun yang menghadiri kegiatan Wakil Bupati Toba Tonny M.Simajuntak SE, Sekda Kabupaten Toba Drs Audy Murphy Sitorus, Kepala BPTD Wilayah ll Sumatera Utara, Badan Litbang Perhubungan Bambang Sisyoyo. ST. Mt, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik,MH yang diwakili Kabag Ops Polres Toba AKP Jhonny Andries Siregar, Kasubdid Pengawasan Transportasi TSDP Mangasi Sinaga, Kapolsek Porsea AKP Napsanto, Kanit Res Polsek Porsea IPTU Edward Siahaan, KBO Sat Lantas Polres Toba IPTU N.G Sembiring, Kasubdit Sarana Direktorat TSDP Sri Hardianto ,ST. M.MTr, Kadishub Pemkab Toba, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Kepala Desa Parparean II Tumbur Napitupulu dan Tomas Desa Parparean II.

Pernyataan positif juga disampaikan oleh Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya S.ik,MH yang diwakili Kabag Ops Polres Toba AKP Jhonny Siregar kepada MC Toba.  Menurutnya, adanya dua kapal Bus Air KMP ASA-ASA dan KMP JURUNG-JURUNG sangat membantu masyarakat melakukan perjalanan keliling kawasan Danau Toba, dimana aspek keselamatan yang luar biasa.

“Saya melihat KMP ASA-ASA dan KMP JURUNG-JURUNG ini sudah dilengkapi dengan sertifikat dan administrasi yang sesuai standar keselamatan pelayaran. Ditambah alat keselamatan di dalam kapal yang sudah lengkap. Sehingga ini menjadi triger bagi transportasi danau yang lain,” ungkapnya.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik,MH yang diwakili Kabag Ops AKP Jhony Andries Siregar mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Kemenhub sudah tepat sebagai alternatif masyarakat untuk berwisata ke Danau Toba.

“Saya berharap ini harus dimonitor dan diawasi keselamatannya di Danau Toba. Harus ada perhatian khusus,” ungkapnya seraya menyebut tingkat kepercayaan masyarakat saat ini sudah terbangun. Sekarang sudah banyak pengunjungnya ke Danau Toba

Untuk spesifikasi Bus Air KMP. JURUNG-JURUNG dan KMP. ASA-ASA adalah ukuran 70 GT dengan Panjang kapal 17.7 meter dan Lebar 8 meter berbahan Dasar Aluminium dan merupakan Kapal jenis Katamaran pertama yang ada di danau Toba. Katamaran kapal memiliki dua lambung dengan keunggulan yaitu stabilitas kapal yang berkapasitas 150 orang

Kegiatan Pelaksanaan Seremonial Official Sea Trial dan Familiarisasi Kapal Wisata Bus Air 70 GT dengan Kapasitas 150 orang telah selesai. Situasi berjalan dengan Aman Dan Baik.