Wabup Toba Apresiasi Beasiswa dari Baznas Provinsi Sumut

Pemerintah Kabupaten Toba sangat mengapresiasi Kunjungan kerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) dalam rangka sosialisasi Penguatan Baznas sebagai lembaga pemerintah non-struktural (LPNS) Pengelola zakat dan pemberian beasiswa kepada SD/MI, SMP/MTs,dan SMA/MA.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak,SE dalam sambutannya pada acara Baznas Toba yang digelar di Balai Data Kantor Bupati Toba, Kamis (16/9/2021).

Menurut Wabup Tonny, Pemerintah Kabupaten Toba mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi Sumut yang diwakili Drs.H.Haris Fadillah,M.Si selaku Wakil Ketua I Baznas Sumut yang hadir bersama rombongan dan pengurus Baznas Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Pemkab Toba berterima kasih atas perhatian Baznas (Sumut) yang kembali memberikan perhatian bagi kemajuan dunia pendidikan di Toba melalui pemberian beasiswa ini. Diharapkan juga nantinya kerja sama dalam bidang lainnya seperti kesehatan ,yang sejalan dengan visi dan misi Pemkab Toba,” sebut Wabup Tonny.

Wabup Tonny juga menyampaikan ditengah pandemi Covid-19 ini , melalui pihak Baznas agar menyosialisasikan protokol pencegahan Covid-19. Ditambahkannya bahwa Pemkab Toba telah menyediakan Isolasi terpusat (Isoter) di Laguboti,untuk warga yang terpapar tanpa gejala, ringan dan sedang.Isoter ini telah lengkap fasilitasnya.

Selanjutnya H.Haris Fadillah dalam awal sambutannya menyampaikan pandanganya akan kemajuan Kabupaten Toba saat ini sebagai daerah hasil pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara.

Ia menyebutkan salah satu contoh berupa pengalamannya menginap di Hotel Bintang 4 di daerah ini.

Seterusnya disampaikan soal keberadaan Baznas yang merupakan lembaga pemerintah non struktural yang menjalankan tugas menghimpun dan menyalurkan dana zakat ,infak/sedekah (ZIS) ,dan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL). Serta mengoordinasikan pengelolaan ZIS dari seluruh Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat se-Indonesia.

“Baznas menjalankan tugas pengelolaan ZIS dan DSKL berdasarkan Undang-undang No.23 Tahun 23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah RI No.14 Tahun 2014,” sebut H.Haris Fadillah.

Disebutkan juga selama ini Baznas telah memberikan bantuan pendidikan , keagamaan pada Bulan Ramadhan, untuk rumah ibadah, dan pembinaan 4 orang Dai di Toba.

Sebelumnya Pimpinan Baznas Toba, Faturrahman Legiman melaporkan kegiatan ini dan menyatakan Baznas Toba ikut mendukung visi dan misi Pemkab Toba diantaranya program kesehatan dan pendidikan guna menuju Toba Unggul dan Bersinar.

Selanjutnya Wabup Tonny ,H.Haris Fadillah, dan Faturrahman Legiman memberikan secara simbolis beasiswa kepada perwakilan siswa yang didampingi orang tua masing-masing.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Darwin Sianipar, Kepala KUA mewakili Kakandepag Toba, Kabag Kessos Tanda Dongoran,Sekcam Balige Lamtiur Debataraja, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Mangisar Panjaitan ,dan lainnya. (MC Toba)