Wabup Toba Ambil Sumpah/Janji BPD Nassau

Wakil Bupati Kabupaten Toba, Tonny M Simanjuntak, melakukan pengambilan sumpah/janji dan melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Nassau dan satu BPD kecamatan Borbor yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Nassau, Rabu (23/06/2021).

BPD sekecamatan nassau yang dilantik meliputi BPD Lumban Rau Tengah, Lumban Rau Utara, Lumban Rau Timur, Lumban Rau Tenggara, Sipagabu, Liattondung, Cinta Dame, Batu Manumpak, Napajoring, Siantarasa dan BPD Hutagurgur Kecamatan Borbor, dengan jumlah sebanyak 55 orang yang akan dibagi ke dalam sebelas BPD dimaksud.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Toba menyampaikan bahwa BPD adalah salah satu bentuk perpanjangan tangan masyarakat desa setempat untuk menyampaikan aspirasi ke pemerintah desa sekaligus sebagai mitra bagi pemerintah desa dalam menjalankan pemerintahan desa. Oleh karena itu, Wakil Bupati Toba mengharapkan agar BPD benar benar menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Pada kesempatan ini kami bermohon kepada bapak ibu sekalian agar benar-benar tugas dan fungsi BPD dapat dilaksanakan dengan baik apalagi sekarang pembangunan dengan dana desa sudah mulai berjalan, berarti kualitas pembangunan desa tidak terlepas dari peran BPD sekalian.” ujar Wakil Bupati Toba

“Jadi bapak hidup harus siap, apabila pembangunan tidak berkualitas berarti bapak ibu juga ikut bertanggungjawab, Kita tidak boleh mengeluh, apa yang kita terima hari ini harus kita laksanakan” tambahnya pula mengingatkan

Wakil Bupati Toba menambahkan bahwa dengan telah mulai berjalannya dana desa, maka dibutuhkan pula pengawasan yang baik oleh BPD dengan tidak membenarkan yang salah.

Dalam hal perbedaan pendapat, Wakil Bupati Toba juga menyampaikan agar BPD harus bisa memfasilitasi, bahkan bila perbedaan pendapat terjadi dengan pemerintah desa agar tidak berlarut dan demi tercapainya satu tujuan yaitu mencapai hasil yang terbaik.

“Perbedaan itu pasti, asalkan bukan untuk perbedaan atas kepentingan dan ego pribadi, setiap perbedaan pendapat pasti bisa diselesaikan, gunakanlah kepribadian “Batak Naraja”, dan selesaikan dengan “tonggoraja”.” ucapnya

Pada kesempatan ini juga Wakil bupati toba turut mengapresiasi kehadiran dan keterlibatan kaum perempuan dalam keanggotaan BPD yang dilantik.

“Keberadaan kaum ibu Ini sangat luar biasa, dengan kaum ibu yang memikirkan rumah tangga, anak, bakti bahkan waktu yang diberikan untuk desa merupakan suatu hal yang sangat luar biasa dan layak diapresiasi betul, mudah mudahan ibu-ibu bisa membagi waktu.” harap Wakil Bupati Toba

Wakil bupati Bahkan juga menyampaikan bahwa melalui PMD nantinya Bupati dan Wakil Bupati dalam sekali seminggu akan berkantor di desa yang memiliki persoalan dan benar benar membutuhkan ditiap desa di kabupaten toba.

“Bagi camat, carilah desa desa yang punya persoalan dan benar benar membutuhkan agar kami berkantor di kantor kepala desa satu harian penuh untuk duduk bersama menyelesaikan persoalan atau melakukan sharing untuk kemajuan desa.” ujar Wakil Bupati mengakhiri arahannya.