Usung Kepemimpinan Kearifan Lokal Batak Naraja, Bupati Toba Diapresiasi

Bupati Toba, Poltak Sitorus mendapatkan apresiasi sebagai Best in Leadership Best on Local Wisdom dalam program Indonesia Visionary Leader MNC Portal Indonesia Season 10.

Hal ini disampaikan Plt.Kadis Kominfo Kabupaten Toba kepada MC Toba, Senin (15/8/2022).

Penilaian Media Nusantara Citra (MNC) Portal Indonesia ini didasarkan dari kepemimpinan sejumlah bupati di Indonesia.

Bupati Toba mendapatkan penilaian baik dalam kepemimpinan yang berbasis kearifan lokal. Hal tersebut terlihat dari penerapan aturan di Kabupaten Toba di mana sumber daya manusianya diwajibkan memiliki sikap Batak Naraja yang diturunkan dalam 4 prinsip.

4 prinsip tersebut Namarugamo atau beragama-memilki rasa kasih, Namaradat atau berperilaku sopan, Namarparbinotoan atau berpengetahuan, dan Namaruhum atau mematuhi hukum. Sikap inilah yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan sektor pariwisata.

Sikap ini pun menjadi dasar untuk menyambut para wisatawan ke Toba dengan memperlakukannya sebagai kerabat Tulang – Hulahula atau paman yang sangat dihormati.

Bupati Poltak Sitorus yang tahun ini berusia 57 tahun juga menargetkan satu juta kunjungan wisatawan ke Toba pasca pandemi ini.Tercatat pada saat libur hari raya 2022 lalu kunjungan wisatawan sudah mencapai 149.563 jiwa.

Dengan target yang besar maka program-program pengembangan pun terus dikebut diantaranya seperti pembangunan infrastruktur atau jalan pelabuhan bandara, sarana dan prasarana peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan serta program pendukung pariwisata atau penataan desa wisata, pemberdayaan kelompok sadar wisata dan UMKM, event pariwisata dan lain-lain.

“Pengumuman dan penyerahan penghargaan direncanakan secara live pada tanggal 1 September 2022 di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri bersama Owner MNC Grup Hary Tanoesoedibjo,” kata Plt.Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar mengakhiri keterangannya. (MC Toba).

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri