Ujian P3K Berjalan Lancar di Kabupaten Toba

MC – Toba, – Hari pertama dan kedua, ujian gelombang pertama Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahun 2021 di Kabupaten Toba berjalan lancar.

Ujiannya dilaksanakan di SMK Negeri 2 Balige. Pesertanya, guru honorer di sekolah negeri maupun swasta, yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Ini sudah hari kedua ujian P3K. Karena sudah dimulai Senin (13/09/2021),” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba melalui Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Chandra Tambunan di lokasi ujian, Selasa (14/09/2021).

Dijelaskan, pada hari pertama, ujian diikuti 146 orang. Ujiannya dilaksanakan 2 sesi.

“Sesi pertama diikuti 73 orang, sesi kedua 73 orang,” sebutnya.

Pada hari kedua (hari ini Selasa, 14/09/2021) demikian halnya. Ujiannya dilaksanakan 2 sesi. Sesi pertama diikuti 76 orang, sesi kedua 76 orang. Jumlah 152 orang.

“Ujiannya dimulai pukul 07.00 -10.50 wib untuk sesi pertama, pukul 13.00 -16.50 wib, untuk sesi kedua. Materi ujian terdiri dari Manejerial dan Sosial Kultural, Wawancara dan Kompetensi teknis. Ujiannya dilaksanakan dengan sistim komputerisasi yang sudah terkonneksi dengan server Kemendikbud,” katanya.

Mengenai pengawas ujian, Chandra menyebutkan berasal dari LPMP dan Kemendikbud.

“Dalam pelaksanaan ujian, kami juga melibatkan pihak kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Kemudian tenaga medis,” ujarnya.

Sementara mengenai hasil ujian, Chandra mengaku, bukan domain mereka melainkan pihak Kemendikbud.

“Kami hanya bertugas memfasilitasi, menyiapkan tempat, komputer, melibatkan tenaga medis kesehatan dan pihak keamanan. Kalau mengenai teknis ujian dan hasilnya, itu wewenang Kemendikbud,” katanya.