Tujuh Kecamatan Nihil COVID-19 di Toba

MC – Toba, – Berdasarkan laporan update Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara per tanggal 21 September 2021, dari 16 kecamatan di Kabupaten Toba terdapat 7 kecamatan telah nihil COVID-19.

Ketujuh kecamatan tersebut adalah Kecamatan Bonatua Lunasi, Uluan, Sigumpar, Laguboti, Borbor, Silaen, dan Kecamatan Nassau.

Sementara itu, dalam laporan Satgas itu dinyatakan juga 6 pasien sembuh bertambah. Terkonfirmasi baru dan kasus pasien meninggal dinyatakan nihil.

Keadaan ini membuat total jumlah kasus COVID-19 Kabupaten Toba tetap bertahan pada angka 2.396 kasus. Dengan rincian 2.245 pasien sembuh, 44 pasien aktif dalam perawatan dan kasus pasien meninggal bertahan pada jumlah 107 kasus.

“Di samping itu, masih terdapat 10 warga sedang kontak erat dengan pasien aktif dalam pemantauan petugas Satgas,”sebut Jurubicara Satgas COVID-19 Kabupaten Toba Lalo Hartono Simanjuntak, Rabu (22/9/2021).

Disebutkan juga bahwa ke-44 pasien aktif sedang perawatan itu, tersebar pada 9 kecamatan di Kabupaten Toba yakni di Kecamatan Balige sebanyak 27 pasien dan Kecamatan Pintupohan Meranti 4 pasien.

Kecamatan lainnya yakni Kecamatan Lumbanjulu dan Kecamatan Tampahan, masing-masing 3 pasien.

“Sementara di Kecamatan Ajibata dan Parmaksian, masing-masing 2 pasien. Sedangkan di Kecamatan Porsea, Siantar Narumonda dan Kecamatan Habinsaran masing-masing, sebanyak 1 pasien,” terang Lalo Hartono Simanjuntak.

Satgas COVID-19 Kabupaten Toba, melalui Lalo Hartono, kembali mengimbau masyarakat agar tetap mewaspadai persebaran COVID-19, dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes) 5M.

Pemkab Toba sangat mengapresiasi antusias masyarakat dalam menerapkan prokes di setiap aktifitasnya. Hal itu terlihat dari semakin baiknya persebaran COVID-19 terus berangsur menurun.

“Mari terus disiplin mematuhi prokes hingga membuat Kabupaten Toba dapat menuju zona hijau,” tandas Lalo Hartono mengimbau.