Tingkatkan SDM di Bidang Kepariwisataan,30 Pemuda/i Dikawasan Danau Toba ke Bali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melepas 30 pemuda dan pemudi Kawasan Danau Toba berangkat magang ke Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali. Pelepasan ini dilakukan di The Caldera Nomadic Escape Sibisa, Kec. Ajibata, Kab. Toba, Jumat (26/03/2021).

Peserta akan mengikuti pelatihan di Politeknik Pariwisata Bali selama depapan bulan. Sandiaga berharap, setelah selesai magang, peserta akan pulang untuk memastikan bahwa Kawasan Danau Toba menjadi destinasi prioritas yang memiliki SDM berkualitas.

“Pergi ke Bali untuk kembali membangun destinasi pariwisata Danau Toba menjadi lebih baik lagi,” ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga juga meminta agar semua peserta belajar secara maksimal selama mengikuti proses magang di Bali. Menggali lebih banyak potensi yang akan dibawa pulang ke daerah masing-masing nantinya. Termasuk mempertahankan budaya Batak sebagai modal pariwisata yang paling menjual seperti yang dicari wisatawan mancanegara di Bali.

Lebih lagi, Sandiaga bahkan memimpikan akan muncul pengusaha-pengusaha muda yang memiliki potensi untuk mengembangkan pariwisata berkelas dengan pelayanan prima.

Selama ini, imbuh dia, Bali masih menjadi patron pariwisata Indonesia dengan kualitas pelayanan berkelas, dan diharapkan pariwisata Danau Toba juga akan berkembang seperti Bali. “Tidak lama lagi, saya yakin pariwisata Danau Toba akan bertumbuh seperti Bali,” imbuh Sandiaga.

Dia menambahkan, keberangkatan kali ini, merupakan kali kedua dilakukan oleh BPODT. Pada 2019 lalu pihaknya juga telah memberangkatkan peserta magang ke Poltekpar Bali sebanyak 22 orang.

Usai memberikan wejangan, Sandiaga juga berinteraksi secara langsung dengan peserta magang. Dia bahkan menanyakan apa motivasi dan keinginan yang diharapkan para peserta magang setelah kembali ke daerah masing-masing.

Sandiaga bahkan berjanji menghadiahkan sepasang sepatu kepada salah seorang peserta yang pertama kali membagikan harapannya setelah selesai magang nanti.

Tak lupa, Sandiaga juga menyempatkan diri manortor dan bernyanyi bersama seluruh peserta magang didampingi mantan Bupati Toba Darwin Siagian, Camat Ajibata Tigor Sirait, dan para Kepala Desa se- Kecamatan Ajibata yang turut hadir di acara itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*