Timbulnya Efek Usai Vaksin Tidak Perlu Dikhawatirkan

MC – Toba, – Pada dasarnnya, secara umum seluruh jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia tidak perlu dikhawatirkan, sebab sudah memenuhi uji klinis penggunaan dari pihak pengawasan yang berwenang.

Secara umum, semua vaksin pasti menimbulkan efek atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), salah satunya penggunaan jenis vaksin Moderna yang saat ini sedang digunakan di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara bagi tenaga kesehatan (Nakes).

“Efek vaksin Moderna dan vaksin lainnya, bisa saja seketika timbul usai disuntik. Bahkan bisa setelah 3 hingga 4 jam usai penyuntikan, hal itu jangan terlalu dikhawatirkan, “kata Kepala UPT Puskesmas Porsea dr. Patar Silaen selaku , Rabu (18/8/2021).

Menurut dr.Patar, efek yang timbul dialami penerima bisa saja meriang dan pegal-pegal, hal itu tidak menjadi masalah serius namun dianjurkan untuk minum paracetamol dan vitamin serta istirahat cukup.

Hal senada disampaikan Kepala Puskesmas Laguboti Daslan Simanjuntak dan Kepala Puskesmas Soposurung Jimmy Hasibuan .

Menurut Daslan Simanjuntak, apabila timbul efek usai divaksin diantaranya badan terasa nyeri dan meriang dianjurkan juga untuk mengkonsumsi asupan buah, multivitamin dan air hangat serta istirahat yang cukup.

Senada, Kepala Puskesmas Soposurung Jimmy Hasibuan menyebut, khusus vaksin Moderna biasanya menimbulkan gejala ringan yang menyebabkan nyeri dan pegal pada lokasi penyuntikan, badan terasa lemas dan demam.

Hal ini secara umum dialami biasanya dihari pertama sampai hari ketiga pasca penyuntikan dan hari berikunya akan hilang.

“Jika hal itu dialami, cukup saja dengan istirahat dan banyak minum, jika perlu minum paracetamol, disamping asupan vitamin lainnya,” ujar Jimmy Hasibuan.

Mereka bertiga sepakat pengetahuan efek vaksin ini perlu diketahui setiap penerima suntikan vaksin baik Nakes maupun masyarakat, khususnya yang menggunakan vaksin jenis moderna,