Tim Satgas Covid-19 Provsu Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi PPKM di Kabupaten Toba

Dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Toba. Satgas Provsu dan Satgas Kabupaten Toba mengadakan rapat koordinasi di ruang Balai Data Lantai IV Kantor Bupati Toba, Kamis 26 Agustus 2021.

Pemerintah Kabupaten Toba mengakui untuk saat ini yang menjadi kendala adalah kurangnya jumlah vaksin. Pesta juga sudah ditiadakan dan Pemkab Toba menegaskan tidak akan melonggarkan protokol kesehatan.

Pada proses vaksinasi massal juga masih dijumpai kerumunan, Satgas Provsu berharap agar Pemkab Toba dapat memperbanyak titik atau lokasi vaksinasi.

Mewakili Satgas Provsu, dr. Restuti Hindayani Saragih menyampaikan agar Pemkab Toba dapat menyediakan ruangan isolasi, baik ruangan isolasi yang ada di rumah sakit maupun ruangan isolasi terpusat dengan memanfaatkan gedung atau rusunawa.

Apabila ada warga terpapar covid, yang menentukan pasien dimana harus menjalani isolasi adalah dokter yang memeriksa, bukan pasien atau pihak keluarga pasien. Pasien akan ditentukan tempat isolasinya berdasarkan gejala yang dialami, baik gejala ringan, sedang atau gejala berat.

Satgas Provsu juga meminta agar Posko Covid-19 di tingkat desa / kelurahan dapat dioptimalkan kembali.

Pada kesempatan ini, Satgas Provsu menyerahkan masker ke Pemkab Toba untuk dapat dibagikan kepada masyarakat.