Tim Pembina TP.PKK Sumut Memonitor Desa Binaan di Kabupaten Toba

Tim Pembina TP. PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Toba dalam rangka memonitor Desa Binaan, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, pada hari Jumat, 1 oktober 2021.

Tim pembina dan monitoring yang hadir dan bertugas di kabupaten Toba yaitu, Drs. Rukhyat, Dewi Anita, SE, MM, Dra Bida Sari, M.Pd, Ir. Lusi Siahaan, Mega Karianti, SKM, M.Kes, Joni Siagian SH, MM dan Indah Fitriani Harahap.

Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak saat menyampaikan sambutan Bupati Toba bahwa Pemerintah Kabupaten Toba memberikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran TP.PKK Provinsi Sumut.

Disebutkan kehadiran PKK dengan 10 Program Pokok PKK sangat dirasakan pemerintah dalam membantu program pembangunan dan kemasyarakatan dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

Di era teknologi informasi ini juga PKK diharapkan ikut memanfaatkan teknologi ini untuk kemajuan program PKK

Apalagi saat sekarang ini ,pada masa pandemi COVID-19 ,PKK diharapkan juga secara bersama-sama seluruh masyarakat untuk menyosialisasikan pencegahannya.

Wabup Tonny juga menambahkan keprihatinannya atas sejumlah kasus kekerasan dalam keluarga dan pelecehan seksual anak yang terjadi

Ia berharap melalui PKK dengan program Pembinaan Anak Remaja dapat membantu memberikan pendidikan kepada mereka dan orang tua.

Sementara itu Ketua TP. PKK Kabupaten Toba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus dalam laporannya menyampaikan, terdapat 5 desa binaan dalam 5 kategori yang menjadi target pembinaan dan monitoring, antara lain, Desa Lumban Gurning Kecamatan Porsea (Pola Asuh Anak dan Remaja yang penuh cinta kasih), Desa Tarabunga Kecamatan Tampahan (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga), Desa Parsuratan Kecamatan Balige (Hatinya PKK), Desa Aruan Kecamatan Laguboti (IVA Test) dan Desa Sigodang Tua Kecamatan Silaen (Tertib Administrasi).

Selanjutnya Tim Pembina dari Provinsi Sumut menilai, memeriksa dokumen laporan PKK masih belum lengkap, seperti struktur organisasi, tanggal kegiatan PKK, foto kegiatan dan dokumen yang belum distempel.

Kepada salah satu desa binaan ,Desa Tarabunga, Kecamatan Tampahan yang memiliki hasil kerajinan tangan berupa miniatur rumah adat dan juga jenis makanan ringan seperti kerupuk pisang yang dipamerkan pada saat acara berlangsung, disarankan agar pemasarannya dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, sehingga penjualan dapat meningkat.

Pada bagian akhir acara, TP. PKK Kabupaten Toba memberikan cenderamata kepada Tim Pembina dari Provinsi Sumatra Utara dan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Turut hadir dalam kegiatan monitoring, Kadis PMD-PPA Henry Silalahi, Camat dan Kepala Desa binaan terkait, jajaran TP. PKK Kabupaten Toba, Peserta drama singkat dan remaja putri desa Lumban Gurning dan undangan lainnya. (MC Toba)