Tidak Ada Tenaga Kerja PHK di Masa Pandemi di Kabupaten Toba

MC – Toba – Di masa pandemi COVID-19, tidak ada tenaga kerja produktif di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara yang mengalami Putus Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan tempat kerjanya.

Tetapi tenaga kerja produktif yang pulang dari rantau ada datang ke kantor ini untuk meminta informasi, di perusahaan mana ada terbuka lowongan pekerjaan.

“Kejadian itu sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” kata Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Produktivitas Penempatan Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Toba, Rencana Simbolon didamping stafnya Zeprisal Tarigan di Balige, Selasa (27/7/2021).

“Mereka juga meminta manakala ada lowongan pekerjaan di perusahaan yang ada di Kabupaten Toba, supaya kami menginformasikannya kepada mereka melalui kontak person,” ujarnya.

Sebaliknya, lanjut rencana, dari Kabupaten Toba ada juga beberapa yang datang ke kantornya untuk mengurus Kartu Kuning atau Kartu Tanda Pencari Kerja, yang sering disebut Kartu AK1.

Menurutnya, mereka mau ke luar Kabupaten Toba untuk mencari pekerjaan. “Itu pun sebelum PPKM,” katanya.