TANGGAPI PERENCANAAN PEMBANGUNAN KABUPATEN TOBA DENGAN SERIUS, BUPATI DAN WAKIL BUPATI HADIR DALAM HARI KEDUA MUSRENBANG KECAMATAN

Hari kedua pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Toba Tahun 2023 tingkat kecamatan digelar Jumat, 4 Maret 2022, bertempat di Ruang Rapat Lantai IV Kantor Bupati Toba.

Kegiatan Musrenbang dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus, dan Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak.

Pelaksanaan Musrenbang ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Toba, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, dan diikuti oleh 4 (empat) kecamatan yakni Kecamatan Laguboti, Silaen, Bonatua Lunasi, dan Lumbanjulu, yang hadir secara virtual.

Dalam arahannya, Bupati mengatakan pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan merupakan kegiatan setiap tahunnya dalam hal penyampaian program pembangunan pada RKPD tahun 2023, untuk itu diharapkan kepada peserta agar menyatukan pengusulan pembangunan.

Bupati menegaskan bahwa musrenbang bukan hanya kegiatan formalitas saja, tapi diharapkan melalui musrenbang dapat mensinergikan usulan desa sebagai bahan penyusunan program berkualitas nantinya.

“Kepada perangkat daerah diminta agar mempelajari dan mempertajam kembali rumusan program dan kegiatannya dengan tetap mengedepankan azas efektivitas, efisiensi, serta pertimbangan kemampuan keuangan daerah, dengan tetap berpedoman pada visi misi serta program unggulan daerah,” ujar Bupati.

Bupati juga menekankan, hendaknya usulan-usulan pembangunan mendukung peningkatan produktivitas masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak dalam arahan singkatnya mengatakan agar dalam pengusulan program dan kegiatan untuk usulan 2023 memperhatikan skala prioritas, mengingat keterbatasan APBD.

“Saya harap usulan yang diajukan benar-benar sesuai usulan rapat musrenbang desa. Mari tetap optimis, mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar. Kami yakin apa yang diusulkan menjadi terobosan yang akan mewujudkan pembangunan Toba, itu harapan kita,” ujar Wabup.

Pada musrenbang ini, masing-masing kecamatan memaparkan usulan prioritas pembangunan tahun 2023 yang meliputi pada bidang infrastruktur, pariwisata, pertanian dan lainnya, dimana nantinya hasil kesepakatan musrenbang kecamatan tersebut akan dibawa ke musrenbang tingkat kabupaten.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri