Seusai Ibadah, Bupati Toba Ajak Warga Sukseskan Pertanian IP2

Bupati Toba Poltak Sitorus bersama isteri Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus, mengikuti acara kebaktian di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Lumban Julu, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (8/5/2022).

Seusai acara tingting (pengumuman) Bupati Poltak menyebutkan bahwa kesempatan mengikuti ibadah dan bertemu dengan warga jemaat gereja adalah untuk menepati dan merealisasikan janji pada saat kampanye dulu, melalui progam-program pemerintah kabupaten.

Untuk bidang peningkatan sumber daya manusia (SDM), Bupati Toba mengajak siswa-siswi SMP di Kecamatan Lumban Julu, agar tidak takut kekurangan biaya bila masuk SMA Unggul Del atau Asrama Tunas Bangsa (dulu dikenal Yasop) SMA Negeri 2 Balige, karena pemerintah sudah berusaha untuk menyiapkan beasiswa.

Bupati Poltak Sitorus juga mengajak jemaat , khususnya petani agar menyukseskan program tanam 2 kali setahun (IP2). Padi dua kali atau padi dilanjutkan bertanam jagung.

Disebutkan tujuannya untuk peningkatan produktifitas hasil pertanian demi mewujudkan petani yang makmur dan sejahtera, meskipun saat ini persediaan pupuk masih langka.

Pemerintah Kabupaten Toba akan menyiapkan bibit padi dan jagung, untuk dibagikan kepada masyarakat, atau bibit tanaman lain yang dibutuhkan.

Untuk masalah pupuk sudah dibicarakan lebih lanjut, ke tingkat provinsi hingga ke tingkat atas, bagaimana cara mengatasinya. Salah satunya adalah menggunakan kompos.

“Kami minta bapak-ibu, jangan karena (kekurangan) pupuk, semangat kita berjuang di bidang pertanian jadi mundur,” sebut Bupati Poltak Sitorus.

Selain itu, ia berpesan, sebagai daerah wisata, supaya jemaat menyambut wisatawan dengan ramah, dengan sopan dan santun. Sehingga wisatawan betah dan meninggalkan uangnya di Toba ini.

Di Kecamatan Lumban Julu sekitarnya terdapat beberapa tempat wisata, seperti Air terjun Situmurun, Bukit Gibeon, dan Taman Eden 100, yang tidak hanya dinikmati masyarakat setempat, tetapi juga wisatawan yang datang.

Diajak juga agar memperlakukan tamu dengan ramah dan hormat layaknya sebagai Tulang (paman) dalam kekerabatan suku Batak.

“Tulangta doi, Nantulangta do i na ro i, setuju do ?. Akka wisatawan i tulangta do i, molo tulang dohot nantulang bohama sikapta ?,” sebut Bupati Poltak Sitorus sambil memperagakan sikap Salam Batak Naraja.

Pada bagian akhir arahannya, ia meminta warga agar membudayakan semangat bergotong royong.

Seusai ibadah, Bupati Toba dan rombongan mengunjungi Kolam renang Losung Aek di Lumbanjulu yang dikelola keluarga Togar Manurung, mantan anggota DPRD Toba.

Disana bupati melihat juga bagaimana penghasilan tambahan ibu rumah tangga dari bertani bawang merah dan telor ayam kampung dari ternak ayam.

Bupati Poltak Sitorus mengapresiasi kaum ibu setempat dan berharap menjadi motivasi bagi keluarga lainnya untuk menambah penghasilan keluarga.

Turut hadir Plt. Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Plt. Kadis Perindagkop Salomo Simanjuntak, Plt.Kadis PU Gumianto Simangunsong, Plt.Kadis Tarukim Tagor Siburian, Plt.Kadis Kominfo Sesmon T.B Butarbutar, Plt.Kadis Pariwisata Rusti Hutapea, Plt. Kaban Keuangan Fernando Samosir, Kabag Kesra Tanda Dongoran, dan pejabat lainnya.()

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri