Setiap Warga Dapat Satu Telor Bebek di Kantor Desa Lumban Huala

Manfaatkan waktu luang dengan mengolah lahan kosong atau pekarangan rumah untuk menanam tanaman cabai,sayur ataupun beternak ayam dan bebek. Selain menambah penghasilan, pemenuhan gizi keluarga tercukupi sehingga angka stunting anak-anak akan menurun.

Motivasi ini disampaikan Bupati Toba,Poltak Sitorus dalam kata bimbingan dan arahannya pada acara Sosialisasi Tanam Dua Kali Panen Dua Kali Asa Mamora Hita (Supaya kita kaya,red) di Desa Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Selasa (13/9/2022).

Menurut Bupati Poltak, Pemerintah Kabupaten Toba saat ini tengah menggerakan tanam dua kali panen dua kali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Soal langkanya pupuk , ia menerangkan Pemkab Toba telah dijanjikan oleh pemerintah atasan agar kuota pupuk ditambah. Namun warga petani diimbau supaya perlahan beralih ke pemakaian pupuk organik. Bahan-bahannya bisa diperoleh dari alam sekitar dan kotoran ternak.

“Untuk pelatihannya, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan siap membantu amang,inang sekalian,” kata Bupati Poltak Sitorus.

Keluhan warga seperti disampaikan Op.Mona Manurung, Kepala Desa Lumban Huala Tagor Manurung adalah perlunya memaksimalkan embung yang ada ataupun menambah jumlahnya. Hal ini untuk mendukung lancarnya air irigasi persawahan. Disebutkan bila hujan tidak turun (kering) maka sesudah panen padi banyak yang melanjutkan bertanam jagung.

Menanggapi hal ini, Bupati berjanji akan memerintahkan Dinas PU untuk mengecek lokasi embung tersebut.
Soal bibit jagung unggul, ketersediaannya saat ini sulit didapatkan.Pemkab Toba sendiri pun melalui Dinas Pertanian sudah menghubungi pihak produsen, namun belum ada kepastian.

Hasil amatan,hal unik setiap warga (jumlahnya lebih kurang 100-an) mendapatkan satu butir telor bebek. Telor ini dibeli bupati dari seorang ibu penduduk setempat. Ini salah satunya untuk memotivasi setiap warga agar mau melakukan hal yang sama guna pemenuhan gizi sekaligus bisa menambah penghasilan keluarga.

Turut hadir Camat Parmaksian Ronald Sirait, Kadis Pertanian T.H Sitorus,Kadis Ketahanan Pangan Sahat Manullang,Plt.Kadis PRKP Tagor Siburian, Plt.Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Sekcam Parmaksian M.Yamin Lubis,dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno P.Samosir. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri