Seluruh Masyarakat Harus Berperan Aktif Mencegah COVID-19

MC – Toba, – Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Sumatera Utara, Jerry Sibuea mengatakan, mencegah penyebaran COVID-19 merupakan tanggungjawab bersama, tanpa terkecuali.

Selain pemerintah, seluruh elemen masyarakat harus berperan aktif mencegahnya dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Menjaga jarak, rajin cuci tangan dan selalu memakai masker,” ujarnya di Laguboti, Jumat (10/9/2021)

Kepada pengurus dan anggota PPDI Kabupaten Toba yang ia pimpin, Jerry mengharapkan peran aktif seluruh perangkat desa untuk membantu kepala desa menyosialisasikan dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya prokes sehingga COVID-19 hilang dari bumi Toba.

Penasehat PPDI Kabupaten Toba, Candrow Manurung, yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba, didampingi Penasehat Hukum PPDI, Boy R. Marpaung mengungkapkan harapan serupa.

Dikatakan setiap desa memiliki perangkat desa dan potensial membantu pemerintah daerah, camat dan kepala desa dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Karenanya, seluruh perangkat desa diajak aktif mengingatkan masyarakat masing-masing agar selalu menerapkan prokes di saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Kemudian tanggap terhadap informasi tentang COVID-19 sehingga dikala ada warga yang mengalami gejala supaya cepat diinformasikan untuk mendapat penanganan dari pihak yang bertugas untuk itu.

“Bilamana ada warga yang pergi keluar daerah hendaknya senantiasa diingatkan agar menerapkan prokes,” katanya.