Sekdakab Toba: Penggunaan Dana Covid-19 di Toba, Berjalan Baik

MC – Toba,  – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Toba Audi Murphy O.Sitorus menegaskan bahwa pihaknya telah mengelola dana Covid-19 dengan baik. Bahkan, beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Toba termasuk eselon II tidak menerima uang insentif penanggulangan pandemi Covid-19 tersebut.

Sehingga, menurutnya, dana yang dikhususkan bagi penanggulangan Covid-19 tidak serta merta dihabiskan.

“Sebenarnya dana ini ada bukan untuk dihabiskan. Kalau toh semuanya bisa berlangsung tanpa dana. Misalnya, banyak aparat kita itu yang tidak perlu dibayar, tidak dibayar honornya, banyak itu,” ujar Sekda Murphy saat dikonfirmasi pada Jumat (10/9/2021)

“Kita sendiri pun, kami di tingkat eselon II disebutkan bahwa tidak menerima insentif dari dan Covid-19. Biar aja kita kerjakan seperti itu, pengabdian kita, banyak seperti itu. Jadi, tidak harus habis uang itu. Kalau bisa berjalan tanpa uang, jauh lebih bagus,” sambungnya.

Ia juga berharap masyarakat dapat melaporkan secara langsung kepada pihak Pemkab Toba manakala mengalami kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan secara khusus penanggulangan Covid-19. Hal ini berawal dari pertemuan antara DPRD Kabupaten Toba dengan pihak Satgas Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

“Sampai sekarang tidak ada yang datang ke kita. Dari Dinas Kesehatan disebutkan bahwa obat itu tersedia sesuai dengan kewenangan yang bisa dilakukan oleh puskesmas,” terangnya.

“Sampai sekarang masih berjalan dengan baik. Tapi kalau ada hal-hal di luar, seperti itu silahkan diinfokan kepada kita supaya kita juga bisa sampaikan kepada kepala puskesmas dan Kadis Kesehatan,” kata Murphy mengakhiri.