Sejumlah Petani Kebun di Toba, Butuh Bantuan Benih Jagung

MC – Toba, – Pandemi COVID-19 seakan tidak mengurung niat para petani kebun, untuk terus mengolah lahannya secara berkelanjutan.Mereka tetap berusaha walau di tengah keterbatasan kemampuan pembiayaan pengolahan, salah satunya penyediaan benih.

Hal itu dialami Rinto Tambunan, salah seorang dari beberapa warga petani Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba yang saat ini membutuhkan benih jagung untuk keperluan puluhan rante lahan miliknya yang sudah siap tanam.

“Iya, saat ini saya kekurangan uang untuk membeli benih jagung, padahal lahan ini sudah siap tanam, seraya dia berharap perhatian dari Pemkab Toba,” sebutnya kepada MC Toba, Senin (2/8/2021).

Terkait keluhan para petani kebun ini, mendapat tanggapan positif dari Pemkab Toba. Melalui Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Toba, Eston Sihotang.menganjurkan agar para petani menyampaikan permohonan bantuan.

Eston mempersilakan warga petani membuat permohonan, selanjutnya lahan akan diverifikasi terlebih dahulu oleh Dinas Ketahanan Pangan, guna memastikan kondisi lahan terkait jenis benih yang dibutuhkan.

“Apakah lahan kering atau persawahan, sebab akan mendapat perhatian pemerintah melalui program pemberian gratis bibit jagung kepada kelompok tani , ditengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung untuk pemulihan ekonomi masyarakat, namun terlebih dahulu harus melalui proses verifikasi, “ujar Eston Sihotang.