Satgas Covid-19 Toba Turun, Pesta Adat Pernikahan Dipercepat Selesai

MC – Toba – Satgas Covid-19 Kabupaten Toba secara persuasif menyuruh supaya acara dipercepat selesai di sebuah pesta adat pernikahan yang digelar di gedung Serbaguna HKBP Soposurung, Desa Hinalang Bagasan, Kecamatan Balige, Toba, Selasa (27/7/2O21).

Pasalnya, hajatan ini tidak memiliki rekomendasi dari Kepala Desa Hinalang Bagasan begitu juga ijin dari Camat Balige.

Petugas gabungan Satgas Covid-19 Toba yang terdiri dari Satgas Desa, Satgas Kecamatan dan Satgas Kabupaten turun ke lokasi pesta untuk memastikan dan menginstruksikan agar semua yang hadir mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Selanjutnya kepada para undangan diminta jangan berlama -lama di tempat pesta.Acara pestapun dipersingkat dan para hadirin di lokasi segera pulang,” kata Kepala Desa Hinalang Bagasan Andi Siahaan.

Pihak yang menggelar pesta , bermarga Tamba, berjanji akan menerapkan protokol kesehatan sejak awal hingga akhir acara.

Ketua Satgas Kecamatan Balige Pantun J.yang juga Camat Balige mengingatkan penerapan prokes.

“Hal ini adalah untuk kepentingan kita bersama, upayakan jangan sampai berkerumun dan akan kami pantau hingga berakhir acara ini, sebaliknya jika melanggar prokes akan kami bubarkan,” ujar Pantun tegas.

Kedepannya kami ingatkan, jika mengadakan pesta harus memiliki rekomendasi dari desa dan ijin dari kecamatan.

“Marilah untuk menunda pesta dimasa pandemi dan pemberlakuan PPKM saat ini, sehingga kita dapat menekan sebaran Covid-19 yang saat ini cukup tinggi di Toba,” kata Camat Pantun J.
Pardede.

Turut hadir petugas Satgas Civid-19 Toba lainnya seperti Jurubicara Covid-19 Toba Lalo Hartono Simanjuntak, Asisten Administrasi Umum Setdakab Toba Parulian Siregar, Kadis Perhubungan Tito Siahaan, Kapolsek Balige ,dan Danramil 17 Balige.