Satgas COVID-19 Toba Sosialisasi Prokes di Sejumlah Gereja

MC _Toba, – Satgas COVID-19 Kabupaten Toba, Sumatra Utara, terus memaksimalkan pengawasan penegakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan (Prokes) dengan memonitor dan sosialisasi Surat Edaran Bupati Toba tentang pencegahan pandemi ini di sejumlah gereja di Toba saat pelaksanaan ibadah pada Minggu (15/8/2021).

Pada pelaksanaanya Satgas COVID-19 Toba membagi tim dengan wilayah tugas dan mendapat pendampingan dari TNI/Polri serta sejumlah pejabat pimpinan OPD Pemkab Toba.

Bupati Toba Poltak Sitorus selaku Ketua Satgas COVID-19 Toba mengikuti ibadah dan memonitor di Gereja HKBP Ulubius,Kecamatan Porsea, Wabup Tonny M Simanjuntak di Gereja Katolik Paroki St Yosef Parsoburan, Kecamatan Habinsaran dan Sekda Audi Murphy Sitorus di Gereja HKBP Silamosik Resort Lumban Lobu, Kecamatan Bonatualunasi.

Tim monitoring lainnya, yaitu Kepala Dinas PMD PA Henry Silalahi bersama pendampingan oleh Sekdis PMD PA Melati Sialahi dan Kabid PIAK Dinas Dukcapil Emmy Yunita Manurung bertugas di Gereja HKBP Lumban Silintong Resot Balige, Kecamatan Balige.

“Di sini prokes dilaksanakan secara ketat lengkap dengan ketersediaan fasilitas pendukung kesehatan yakni wastafel. Jemaat dipastikan memakai masker dengan batasan jumlah jemaat sesuai aturan PPKM level 3 tidak lebih dari 25% dari kapasitas ruangan,” terang Henry Sialalahi.

Pelaksanaan ibadah di sini dilakukan 2 sesi yang dimulai sejak pukul 9.00 WIB untuk sesi pertama dan pukul 11.00 WIB untuk ibadah sesi kedua, kami mengimbau para jemaat untuk selalu disiplin mematuhi prokes guna mengantisipasi potensi penyebaran COVID-19.

Di tempat lainnya, Kepala Dinas Ketapang Toba Marsarasi Simanjuntak didampingi Camat Laguboti Pintor Pangaribuan dan Kapolsek Laguboti AKP JP Aruan memonitor di Gereja HKBP Tanding Pintu Bosi, Kecamatan Laguboti.

“Seluruh jemaat memakai masker, cuci tangan tersedia, jumlah jemaaat dibatasi sesuai kapasitas ruangan sesuai PPKM yakni 25 % saja,” kata Pintor Pangaribuan.