Satgas COVID -19 Toba Buat Tiga Lokasi Penyekatan

MC – Toba, – Bupati Toba Poltak Sitorus meninjau tiga lokasi penyekatan yang ada di Kabupaten Toba. Lokasi penyekatan yang dimaksud adalah Desa Longat di Kecamatan Tampahan, Desa Pardomuan di Kecamatan Silaen, dan Desa Marsangap di Kecamatan Sigumpar.

Berada di Desa Marsangap, Kecamatan Sigumpar yang merupakan penyekatan untuk empat kecamatan di Toba; Kecamatan Silaen, Habinsaran, Nassau, dan Borbor, Bupati Toba Poltak Sitorus mengecek kesiapan para petugas yang berlangsung sejak Selasa (10/8/2021).

“Kita langsung meinjau ke lapangan, memang ini sudah siap, dan memang kalau di sini ada empat kecamatan di sini yang langsung terdeteksi,” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus saat berada di lokasi penyekatan, Desa Marsangap, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba

Ia juga menyampaikan bahwa penyekatan akan diberlakukan sejak hari ini hingga waktu yang belum bisa dipastikan. Kemudian, pihaknya akan melakukan evaluasi agar penyekatan segera diberhentikan.

“Karena memang, yang di kawasan kita ini ada yang pesta lalu pergi dan masuk kembali. Mana tahu mereka ada yang positif, maka kita seleksi di sini, ada 4 kecamatan yang di sini,” ungkapnya.

Ia juga menyinggung soal pesta atau acara adat yang dilakukan di Kabupaten Toba. Sebelumnya, pihaknya secara tegas menyampaikan agar acara pesta adat tidak diselenggarakan.

“Harapan kita nanti penyekatan ini tidak ada lagi yang berpesta keluar Toba dan yang masuk ke sini tanpa surat,” terangnya.

Dalam peninjauan tersebut, ia berharap agar petugas tetap teliti dalam memeriksa setiap pengendara yang lalu lalang.

“Kita mohon supaya benar dan teliti. Jangan banyak yang lolos. Tapi dikenalilah yang mau ke luar itu, yang mau pesta itu. Kalau ada yang kena dan diputarbalik akan memberitahu kepada orang lain,” terangnya.

Pihaknya juga minta petugas supaya rajin mengecek. “Sekarang kan kita buat surat edaran bahwa mau keluar kan harus ada surat keterangan dari kepala desa,” sambung dia.

Lalu, ia menjelaskan agar setiap orang yang datang ke kawasan Toba melalui penyekatan tersebut memperlihatkan surat rapid antigen negatif dengan tujuan memastikan steril dari paparan COVID -19.

“Yang mau masuk ke sini (keempat kecamatan) yang dari luar harus ada surat keterangan rapid antigen negatif. Ini yang nantinya harus dicek di sini,” tutup dia.