Rusunawa II IT DEL Dimanfaatkan Untuk Isolasi Terpusat Pasien Covid-19 Toba

MC – Toba, – Pemerintah Kabupaten Toba menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Yayasan IT Del Laguboti atas kesediaan pemanfaatan Rusunawa II milik IT Del sebagai tempat karantina dan isolasi terpadu pasien Covid-19 di Kabupaten Toba.

Lokasi yang seyogyanya digunakan IT Del untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi, penelitian, IT Del juga mengaplikasikan pengabdian kepada masyarakat utamanya dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal ini disebutkan Sekdakab Toba Audi Murphy O. Sitorus dalam sambutannya pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IT Del Laguboti dengan Pemkab Toba dalam hal pemanfaatan Rusunawa II Asrama Karyawan Yayasan IT Del sebagai tempat karantina dan isolasi terpusat pasien Covid-19 di Kabupaten Toba, di aula IT Del Laguboti, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Selasa (24/8/2021).

“Pemerintah berharap dengan adanya fasilitas ini, warga terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi di sini, mendapat pelayanan yang baik dan bisa sembuh,” sebutnya.

Menurut Sekda Murphy, nantinya di tempat karantina ini, Pemerintah Kabupaten akan menempatkan dokter dan tenaga kesehatan secara berjadwal untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien. Termasuk pengawasan dari personel Satpol PP Toba.

“Sekalipun Pemkab Toba telah mempersiapkan tempat untuk karantina dan isolasi terpusat Pasien Covid-19 di Kabupaten Toba, yang bertujuan sebagai langkah memutus rantai penularan dan mengurangi resiko penularan dari orang yang terkonfirmasi Covid-19, kami berharap masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan Penanggulangan Covid-19,” lanjutnya.

PKS ini ditandatangani oleh Wakil Rektor IT Del Arnaldo Maruli Tua Sinaga dan Sekdakab Toba Audi Murphy O.Sitorus.

Penandatangan ini turut dihadiri pejabat IT Del dan sejumlah pejabat terkait dari OPD Pemkab Toba.

Terpisah, pejabat dari Dinas Kesehatan Toba, Mangapul Pardede menyebutkan ada  sebanyak 24 kamar yang disediakan di Rusunawa dengan kapasitas 6 orang per kamar.

“Rencananya tempat isolasi terpadu ini akan mulai beroperasi pada tanggal 1 September 2021 mendatang,” jelasnya.