Pulang Pesta Warga Kena Covid-19, Akhirnya Desa Hutadame Balige Melarang Kegiatan Pesta

MC – Toba, – Kepala Desa Hutadame Ramses Simanjuntak, Jumat (30/7/2021), menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan pembatasan sosial dan melarang kegiatan pesta bagi masyarakatnya.

Pasalnya, tiga orang warganya dinyatakan positif Covid-19 setelah mendapatkan pemeriksaan swab antigen oleh pihak Puskesmas Tandang Buhit. Satu orang diantaranya dinyatakan positif seusai menghadiri sebuah pesta adat pernikahan.

Kades Ramses Simanjuntak menceritakan alasan terpaparnya warga di desa tersebut. Awalnya 1 orang positif dan kemudian dilakukan pemeriksaan swab bagi 13 orang yang bergejala mirip seperti terpapar Covid-19.

Lalu, Puskesmas Tandang Buhit lakukan tracing dan testing hingga diperoleh 2 orang warga Desa Hutadame, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba dinyatakan positif Covid-19.

“Kebetulan ada warga kita yang berangkat ke sana (pesta), entah beberapa orang. Setelah dari sana, ia demam. Lalu, ia berobat ke Puskesmas Tampubolon. Dan di sana di test swab dan hasilnya positif Covid-19,” kata Kepala Desa Hutadame Ramses Simanjuntak.

Menurut Kades Ramses , hal lini akan tindaklanjuti lagi dengan masyarakat. Sebelum terkonfirmasi positif, kebetulan ia mengadakan pesta adat pernikahan di Desa Lumbangorat, Balige. Kalau riwayat perjalanannya hanya sekitar Kecamatan Balige.

Dengan demikian, pihaknya akan melakukan pembatasan sosial di desa tersebut.

Kita akan melakukan pembatasan-pembatasan sosial. Jadi, kebetulan kita sudah rapat minggu lewat, kita sudah rapat dengan pihak BPBD dan tokoh masyarakat supaya untuk kegiatan pesta untuk sementara kita tutup.

“Yang di tracing ada 13 orang lalu hasilnya 2 orang ditambah yang kemarin 1 orang. Kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” sambungnya.

Selain pembatasan sosial, pihaknya juga merencanakan penyemprotan cairan disinfektan.

“Kita juga akan melakukan pembatasan sosial dan sekali seminggu melakukan penyemprotan disinfektan sekali seminggu.Kalaupun nanti ada yang bertambah yang batuk dan flu akan kita koordinasikan dengan oleh Pak Kapus Tandang Buhit,” pungkasnya.