Promosi Kesehatan Implementasi Germas Hidup Sehat Digelar di Toba

Sesuai dengan tujuan pembangunan manusia seutuhnya, yaitu bahwa masyarakat Indonesia harus hidup sehat dan sejahtera, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Kesehatan, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan terkait dengan hal tersebut.

Salah satu strategi yang ditetapkan Kementerian Kesehatan adalah Penerapan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Hery Valona Bonatua Ambarita pada acara Promosi Kesehatan Implementasi Germas di Kabupaten Toba di Kompleks Rumah Dinas Bupati Toba, Jumat 22 Oktober 2021.

Menurut Hery, ada 5 tatanan pelaksanaan Germas Hidup Sehat, yaitu peningkatan aktifitas fisik, edukasi dan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan dan gizi seimbang, peningkatan pencegahan serta deteksi dini penyakit dan peningkatan kualitas lingkungan.

“Peningkatan aktifitas fisik dapat dilakukan dengan olahraga yang teratur, sesuai dengan kebutuhan dan usia kita, 30 menit setiap hari, minimal 3-5 hari dalam satu minggu.

Kalau di tempat kerja, untuk PNS dan guru, pegawai pabrik dan perkantoran harus dilakukan peregangan setiap 2 jam, apabila kita duduk bekerja tanpa aktifitas,” sebutnya.

Hery juga meminta dukungan dari seluruh stakeholder yang ada, baik di tingkat desa, PKK, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama dalam penerapan Germas hidup sehat di lingkungan masing-masing.

Sebelumnya, Bupati Toba yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Sahat Manullang, mengapresiasi acara ini.

Ia menambahkan, selain olahraga, hal yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan indeks bahagia.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kita makin sehat, makin bahagia dan hidup kita semakin berkualitas,” sebutnya mengakhiri.

Rangkaian acara ini ada senam peregangan yang diikuti seluruh undangan dan tarian Mencuci Tangan Yang Benar dari Puskesmas Ajibata.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk Pembudayaan Germas Hidup Sehat.

Turut hadir, Plt. Asisten Pemerintahan Tito Siahaan, sejumlah pimpinan OPD, personel Babinsa TNI, mewakili BPJS Kesehatan dan undangan lainnya. (MC Toba)