Program BSPS Di Toba, Akan Sasar 150 Unit Rumah Tidak Layak Huni

MC – Toba, – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang diusung oleh aspirasi Anggota DPR RI Jhonny Allen Marbun akan menyasar perbaikan 150 unit rumah tidak layak huni menjadi layak huni.

Program BSPS ini bersumber dari anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatra II.

Hal ini disampaikan pejabat di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Toba yakni Kasi Perumahan dan Pengembangan Permukiman July Robert Pandiangan didampingi Kasi Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Paul Erikson Sagala, di ruang kerjanya, Senin (30/8/2021).

“Tahapan sosialisasi dan pendataan pemanfaat telah dilakukan melalui koordinasi dengan tenaga ahli Anggota DPR RI Jhony Allen Marbun, kini tinggal menunggu hasil verifikasi oleh Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Sumatera II,”sebut July Robert.

Tim Ahli Anggota DPR RI Jhonny Allen Marbun, Roy Simanjuntak membenarkan hal itu. “Masih dilakukan verifikasi sehingga nantinya bantuan stimulan tepat sasaran,”kata Roy membenarkan.

Frisda, selaku Kepala Seksi Penyedia Perumahan Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Sumatra II, juga membenarkan bahwa tahapan program tersebut masih dalam tahapan verifikasi.

“Nanti setelah mendapat persetujuan progres lanjutan dari Dirjen, Program BSPS akan segera direalisasikan memperbaiki rumah masyarakat,”sebut Frisda.

Sesuai ajuan permohonan, jumlah sasaran BSPS di Toba sebanyak 150 unit yang terdapat di 4 kecamatan untuk 8 desa sebagai penerima manfaat, yakni Desa Sigumpar Kecamatan Sigumpar sebanyak 20 unit, sementara Desa Gasaribu di Kecamatan Laguboti sebanyak 15 unit.

Desa Hutagurgur dan Desa Pangururan III di Kecamatan Borbor, masing-masing mengajukan 20 unit.

Usulan lainnya terdapat di Kecamatan Habinsaran, yakni Desa Batu Nabolon, Desa Aek Ulok, Desa Lumban Lintong dan Desa Sibuntion, masing-masing usulan sebanyak 20 unit.