Pra Musrenbang RKPD Sumut 2023, Pemkab Toba usulkan Pembangunan Infrastruktur Jalan di 4 Kecamatan sebagai Prioritas.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Toba sesaat sebelum memulai acara Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara, Zona Dataran Tinggi Tahun 2023, yang digelar di Hotel Niagara Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Rabu, 16 Maret 2022.

Bantuan digitalisasi koperasi tahun 2022, dan 10.143 batang bibit Kacang Macadamia diserahkan secara simbolis, oleh Gubernur Edy Rahmayadi kepada Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sofian Sitorus, disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Toba.

Dalam arahannya, Gubernur Edy Rahmayadi meminta agar setiap Kabupaten/Kota di Sumatera Utara bisa mandiri, dengan dapat memenuhi kebutuhan pangan strategis di wilayah masing-masing.

Setiap infrastruktur yang dibangun juga harus berkualitas baik, serta dibarengi dengan meningkatnya hasil pertanian, apabila infrastruktur jalan, bendungan, saluran irigasi, dan drainase sudah selesai dibangun.

“Jangan 6 bulan (dibangun) jalan sudah berlobang, saya serius ini, tak ada main-main kita, kita yakinkan ini, dan harus kita lakukan, dan harus kita awasi sama-sama. Jangan memperkaya diri, jangan memperkaya orang lain, jangan ganggu uang negara,” ujar Gubernur Edy menegaskan.

Sebelumnya, Bupati Toba Poltak Sitorus dalam pemaparannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Toba telah membagikan bibit jagung kepada masyarakat, dengan harapan dapat membantu dan memulihkan ekonomi di masa pandemi, sehingga tidak perlu meminjam, terutama untuk memenuhi kebutuhan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Pemkab Toba juga mengusulkan perbaikan ruas jalan Provinsi di Kecamatan Habinsaran, Borbor, Nassau (Habornas), dan Kecamatan Silaen sebagai prioritas.

Dengan demikian, petani tidak akan kesulitan mengangkut hasil pertanian mereka, baik berupa padi, jagung, dan kopi, sebagai produk unggulan pertanian di Kabupaten Toba.

Pra Musrenbang ini diikuti oleh 9 Kabupaten/Kota, Zona Dataran Tinggi se-Sumatera Utara, diantaranya, Kabupaten Toba, Samosir, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Kota Pematang Siantar.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri