Pos Penyekatan PPKM Mikro Level 3 Diberlakukan Di Perbatasan Toba – Taput

MC – Toba -Dalam menindaklanjuti arahan dan atensi dari pemerintah pusat untuk melanjutkan pelaksanaan Pos Penyekatan di perbatasan antara kabupaten perlu lebih ditingkatkan,melihat semakin tingginya angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Toba.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, Selasa (27/7/2021) menyebutkan telah menginstruksikan kepada jajarannya agar memperpanjang Pos sekat yang dimulai dari tanggal 27 Juli s/d 2.Agustus 2021.

Yaitu melakukan dan meningkatkan Ops. Yustisi dan pos sekat di perbatasan antar Kabupaten dengan memeriksa kendaraan yang masuk ke kabupaten Toba secara tracing dan ukur suhu badan di Pos penyekatan Gugus Tugas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro  dalam Antisipasi Penyebaran Covid-19  Wilayah Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Adapun dasar dari pelaksanaan Pos Penyekatan dan Ops Yustisi pada PPKM Mikro Level 3 adalah didasari IN Gub Sumut No.26 2021, Tentang Pemberlakuan PPKM Level 3, 2 dan 1.

Undang – Undang Kepolisian Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Surat Telegram Kapolda Sumut Nomor : STR/358/VI/OPS.2./2020, tanggal 26 Juni 2020 Jukrah pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Selanjutnya Perintah Lisan Kapolres Toba tentang Kegiatan Pos Penyekatan Gugus Tugas PPKM Mikro Covid-19  di wilayah Kabupaten Toba.

Lokasi dari Pos Penyekatan berada di Jalan Lintas Medan – Tarutung tepatnya di Desa Longat ,Kecamatan Balige ,Kabupaten Toba dengan kekuatan personil Polri 5 orang , TNI 2 orang ,tenaga kesehatan 1 orang dan Satpol PP 2 orang dan Dishub 2 orang.

Diperoleh keterangan Ops.terpadu Pos Sekat telah memberhentikan dan memeriksa kenderaan Roda 2 sebanyak 5 unit , Roda 4 sebanyak 30 unit, Roda 6 sebanyak 5 unit ,dan jumlah orang yang diperiksa sebanyak 30 orang .

Kapolres Toba berharap supaya masyarakat Toba lebih disiplin dan lebih dapat mengerti situasi saat pandemi Covid -19.

“Polres juga memberikan edukasi, imbauan dan sosialisasi tentang protokol kesehatan (Prokes) berupa sosial distancing, pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan.(membiasakan terhadap adaptasi kebiasaan baru),”sebut Kapolres Toba.