Pohon Tumbang Di Jalinsum Balige Siborongborong, Arus Lalu Lintas Sempat Terputus

MC – Toba, – Angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di depan Gereja GKPI Tangga batu tepatnya menimpa di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Desa Tangga Batu, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Minggu (22/8/2021).

Akibatnya, akses lalu lintas dari Balige ke Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara  maupun arah sebaliknya sempat terputus. Bahkan, arus lalu lintas tersendat dengan kemacetan mencapai 10 Kilometer untuk kedua jalur.

Mendapatkan laporan dari masyarakat, Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian memberi perintah kepada anggotanya Kanit Reskrim Polsek Balige Ipda Jefriadi Silaban SH, untuk melihat situasi dan kondisi di lapangan.

Bersama personil Bripka Javar Tampubolon, SH, Banit Lantas Polsek Balige Bripka Bobby Nainggolan, Bripka Bahtiar Sidabutar dan Ba SPKT Polsek Balige Brigadir Roi Siagian serta Brigadir Ricardo Silaban ( unit Samsat Polres Toba ) dan unit Laka Polres Toba Briptu Rinaldi unit Laka Polres Toba.

Kapolsek Balige melalui Kanit Reskrim Polsek Balige Jefriadi Silaban mengatakan pohon tumbang terjadi pada sekitar pukul 17.00 WIB. Akibat material pohon yang menutup badan jalan, akses lalu-lintas sempat terhambat.

Ia menjelaskan masyarakat setempat melakukan upaya untuk membersihkan batang dan ranting pohon yang menutup jalan dengan memotong menggunakan mesin potong chainsaw dan dibantu oleh pihak kepolisian dan BPBD Kabupaten Toba.

“Informasi di lapangan, pada pukul 20.30 WIB malam ini arus lalu lintas masih dalam keadaan macet untuk kedua jalur,”sebutnya.

Diterangkan juga pohon tumbang menimpa jalan dan kabel listrik yang menyebabkan listrik padam. Saat ini tiang listrik sedang diperbaiki pihak PLN.

Satlantas Polsek Balige melakukan upaya dengan cara buka tutup bagi kedua jalur tersebut. Dan arus lalu lintas mulai kembali normal sekira pukul 23.00 WIB.

Meski pohon tumbang sempat membuat akses lalu lintas terputus selama beberapa jam, Jefriadi Silaban menyebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Ia pun mengimbau warga dan pengguna jalan untuk terus berhati-hati dan waspada. Pasalnya selama musim hujan, potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, angin kencang, dan pohon tumbang akan meningkat.

“Tentu semua pengendara harus betul-betul waspada saat berkendara, khususnya saat hujan,” kata Jefriadi Silaban.