Petani Warga Jemaat Gereja HKBP Losung Batu, Silaen Setuju Laksanakan Tanam Panen Dua Kali

Bupati Toba, Poltak Sitorus kembali mengajak masyarakat petani untuk melakukan secara serentak gerakan tanam dua kali panen dua kali untuk ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan.

Hal ini dikatakan Bupati Poltak Sitorus seusai ibadah gereja kepada jemaat gereja pada Pesta Gotilon (panen) Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Losung Batu, Resor Parsambilan, Distrik IV Toba, di Desa Sinta Dame, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (4/9/2022).

Sehari sebelumnya, Bupati Poltak Sitorus diundang Pdt. Rudolf Purba untuk mengikuti ibadah Pesta Gotilon tersebut.

Bupati juga mengingatkan bahwa tanggal 19 atau 20 September 2022 akan dilakukan penyemaian bibit padi jenis Matongga yang usia panen 105 hari.

“Sehingga nanti pada bulan Januari akan kembali lagi menyemai bibit padi di lahan yang sama milik warga petani,” katanya.

Soal keluhan warga tentang langkanya pupuk, Bupati Poltak menyampaikan permasalahan ini sudah disampaikan kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Namun saat ini Pemkab Toba mendorong dan melalui Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan akan melatih petani bagaimana cara pembuatan pupuk organik dengan menghadirkan ahlinya.

Tanam dua kali panen dua kali ini, lanjutnya, bisa menyesuaikan kondisi lahan masing-masing. Sesuai dengan prakiraan cuaca BMKG bahwa curah hujan yang cukup tinggi hingga puncaknya bulan November ini maka lahan yang cukup airnya bisa dilanjutkan dengan bertanam padi yang kedua, atau jika lahan kering dilanjutkan bertanam jagung.

Selanjutnya Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi Ny. Irmayanti Augus Sitorus memberikan tali asih kepada para anak-anak sekolah yang meraih juara di sekolah masing-masing.

Bupati Poltak juga berharap dalam peningkatan sumber daya manusia yang unggul, agar sedikitnya 6 siswa SMP masuk SMA Unggulan di daerah ini.

Sedikitnya 3 orang masing-masing masuk ke SMA Yayasan TB Soposurung dan SMA Unggul Del.

“Jikalau sudah masuk tetapi orang tuanya dari kalangan tidak mampu, maka Pemkab Toba akan memberikan bea siswa,” sebutnya.

Sebelumnya Pdt. Rudolf Purba memimpin ibadah mensyukuri panen masyarakat petani.

Turut mendampingi bupati, Sekdakab Toba Augus Sitorus, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jhoni DP Lubis, Asisten Administrasi Umum Verry S.Napitupulu, Kadis Perijinan Requel Hasadaan, Kadis Lindup Raja Ipan Sinurat,vKadis PMD Henry Silalahi, Kadis Ketapang Sahat Manullang, Inspektorat diwakili Sekretaris Tagor Sitorus, Kadis Kesehatan diwakili Sekretaris Siti Nuraya Sirait,
Plt. Kadis Kominfo dan Kabag Protokol Try Sutrisno P. Samosir. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri