Petani Toba Studi Banding ke Bekasi

Sebanyak 14 orang peserta diberangkatakan oleh Pemerintah Kabupaten Toba mengikuti studi banding peningkatan produktivitas dan produksi padi sawah ke Karawang Kabupaten Bekasi. Peserta diberangkatkan oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus, Kamis 15 April 2021 bertempat di Halaman Kantor Bupati Toba.

Program ini merupakan salah satu upaya pemulihan ekonomi dibidang pertanian dengan memanfaatkan dana CSR ( corporate social Responsibility) PT. Toba Pulp Lestari.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari, dimulai dari 15 April s/d 19 April 2021 . Para peserta merupakan perwakilan kelompok tani dari 9 Kecamatan di Kabupaten Toba.

Dalam arahannya Bupati Toba, Poltak sitorus mengatakan bahwa Kabupaten Toba adalah daerah yang sangat bagus dalam bidang pertanian. Oleh karenanya dalam kondisi ekonomi di masa pandemi Covid-19, Bupati Poltak akan melakukan trobosan di bidang pertanian.

“Saat ini hasil panen padi kita masi di 6,1 ton /hektare. Untuk kita kita harus mampu meningkatkan hasilnya hingga 8 ton/hektare. Untuk sebab itu kita berangkatkan mereka studi banding ke Karawang ” Tutur Poltak.

Bupati Poltak juga mengharapkan agar peserta belajar dengan sungguh-sungguh selama belajar di Karawang. ” Saudara diberangkatkan bukan untuk berwisata ke sana, selama disana belajarlah, bawa ilmu, pelajari bagaimana cara meningkatkan hasil pertanian dan jangan pulang tidak membawa ilmu ” Kata Poltak.

Diharapkan kedepannya dilakukan intensifikasi pertanian dengan melakukan proses tanam 2 kali dalam setahun. Dengan demikian mampu meningkatkan hasil pertanian.