Pertama di Toba, Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah PNS Dengan Metode Computer Assisted Test

Pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Toba, Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2022 dilaksanakan dengan Metode Computer Assisted Test (CAT).

Kegiatan ujian yang diikuti 37 PNS Kabupaten Toba ini dibuka Bupati Toba, Poltak Sitorus, didampingi Sekretaris Daerah, Augus Sitorus, dan Kepala Kantor Wilayah VI BKN Medan, Janri Simanungkalit, yang digelar di Aula SMA Negeri 2 Balige, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (9/11/2022).

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Toba, Poltak Sitorus, mengatakan bahwa kenaikan pangkat tersebut merupakan penghargaan yang diberikan oleh pejabat berwenang berdasarkan prestasi yang diperolehnya, dan sebagai salah satu cara untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja bagi seorang PNS.

Namun demikian, pemberian penghargaan kenaikan pangkat untuk golongan tertentu harus memenuhi syarat yang ditentukan peraturan perundang-undangan, salah satunya harus lulus ujian kenaikan pangkat atau ujian penyesuaian pangkat.

Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, lanjut Poltak, seorang ASN diharapkan memperhatikan beberapa hal, antara lain : kualifikasi, kompetensi, kinerja, kebutuhan organisasi, mempertimbangkan integritas, dan moralitas.

Bupati berharap, ujian tersebut bukan hanya untuk sekedar memperoleh sertifikat kelulusan sebagai salah satu syarat untuk naik pangkat.

“Namun lebih dari itu, kiranya dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kapasitas PNS dalam melaksanakan tugas yang lebih profesional, akuntabel, dan bertanggung jawab sesuai core values ASN Berakhlak,” katanya.

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Pernyataan senada dengan Bupati Toba, disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah VI BKN Medan, Janri Simanungkalit.

Ia mengatakan bahwa kenaikan pangkat bukan merupakan hak yang wajib diterima oleh seorang PNS, namun merupakan penghargaan yang diberikan oleh pejabat berwenang karena prestasi kerja yang dicapainya sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui Pemerintah mendorong sistem meritokrasi dimana penghargaan diberi berdasarkan prestasi yang memenuhi (3K); kompetensi, kualifikasi, dan kinerja.

Janri mengharapkan peserta ujian dinas dan kenaikan pangkat di Lingkungan Pemkab Toba mengikuti ujian dengan serius.

Sebelumya Plt. Kepala BKPSDM, Dicky A Tampubolon dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat ada sebanyak 37 PNS yang dibagi menjadi 3 (tiga) kelas dengan rincian : Ujian Dinas Tingkat I berjumlah 18 orang, Ujian Dinas Tingkat II sebanyak 13 orang, sedangkan untuk Penyesuaian Ijazah Tingkat S1 sebanyak 6 orang.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Umum Verry S. Napitupulu, Plt. Kepala BKPSDM Dicky A.Tampubolon, Ka Bappelitbangda Sofyan Sitorus, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB. Butarbutar, dan Kepala Sekolah SMA N 2 Balige, Ani Sefriana Nadapdap. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri