Pendekatan Bupati Toba Secara Persuasif,Akhirnya Keluarga Pasien Menyetujui Satgas Covid-19 Memakamkan

MC – Toba, – Hampir larut malam, Bupati Toba Poltak Sitorus bersama dengan Tim Satgas Covid-19 Toba menyambangi rumah duka yang pada awalnya bersikeras melakukan acara pesta adat duka.

Padahal, jasad yang tengah disemayamkan di rumah duka telah dinyatakan positif Covid-19 melalui test antigen dari Rumah Sakit HKBP Balige.

Bahkan, di rumah duka terlihat sejumlah anggota keluarga sedang berkumpul layaknya acara duka seperti biasanya.

Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Toba berdialog dengan keluarga agar segera dilakukan pemulasaraan jenazah Covid-19.

“Kita mau memastikan protokol kesehatan tetap diikuti. Kita dengar dia dinyatakan Covid-19, maka pemulasaraan harus dilakukan secara Covid dan juga penguburannya nanti,” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus saat berada di areal rumah duka pada Selasa (3/8/2021).

Diperoleh keterangan bahwa awalnya Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Toba telah sambangi rumah duka, namun keluarga tidak berterima hingga akhirnya Bupati Toba harus turun tangan.

“Inilah yang kita sampaikan kepada mereka (pihak keluarga yang meninggal). Tadi, memang sudah disampaikan juga oleh Satgas kita, tapi mereka kurang terima,” tuturnya.

Ia berharap agar masyarakat Toba tetap mengikuti protokol kesehatan secara khusus peraturan yang berlaku selama pandemi Covid-19 ini.

“Tadi, kita sudah jelaskan secara kekeluargaan, mereka bisa terima. Ini, kita bersyukur, berterimakasih karena mereka kooperatif. Harapan kita, semua lah begitu,” sebutnya.

Kita tidak ada menginginkan penyakit ini. Kalau nanti ada penanganan dari pemerintah, diikutin aja, enggak ada maksud apa-apa dari Satgas kita. Itu semua kita lakukan untuk pencegahan supaya jangan terjadi penyebaran kemana-mana.

Dalam penuturannya, ia juga menegaskan agar masyarakat taat pada proses apalagi berupaya menghalangi petugas di lapangan.

Itulah yang kita sayangkan kalau hal itu ada. Terimakasih bagi masyarakat yang ingin membantu, tapi bantulah supaya penyebaran Covid-19 ini tidak menyebar kemana-mana.

“Jangan dihalangi Satgas kita untuk melakukan tugasnya, itu yang menjadi berat. Mereka sudah berjuang siang-malam, lalu masih kita halang-halangi, jangan sampai dilakukan itu,” katanya.