Pemkab Toba Serahkan BSPS untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Sigumpar

Membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk memperbaiki rumah tidak layak huni menjadi layak huni, Pemerintah Kabupaten Toba bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Bank Mandiri kembali membagikan buku tabungan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), di Aula Kantor Camat Sigumpar, Rabu (13/7/2022).

Sebelumnya telah dilaksanakan penyerahan BSPS di Kecamatan Habinsaran, dan Kecamatan Laguboti, dimana masing-masing penerima bantuan akan mendapatkan bahan bangunan senilai Rp.20 juta.

Bupati Toba Poltak Sitorus menyebutkan, keluarga yang mendapatkan bantuan ini adalah orang yang beruntung, sebab di Kabupaten Toba terdapat 10.444 unit rumah tidak layak huni, meskipun besaran bantuan yang diterima masih harus ditambah lagi dari sumber lain.

“Jadi apa yang harus dilakukan supaya uangnya cukup (membangun rumah),” tanya Bupati kepada penerima bantuan.

“Marutang (Meminjam),” jawab masyarakat penerima bantuan.

Namun yang paling tepat menurut Bupati Toba adalah membangun rumah dengan bergotong-royong. Menghubungi anak atau keluarga di perantauan untuk memberikan bantuan dana, dan bergotong-royong bersama dengan tetangga.

Selain itu, Bupati Toba juga mengajak warga untuk tidak membiarkan lahan/sawah menganggur. Tidak hanya duduk di kedai dan menunggu Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah datang, tetapi harus marhoi-hoi (bekerja keras).

“Kalau hanya satu kali tanam, kita tidak akan bisa lepas dari kekurangan (kemiskinan). Jadi kita harus bisa minimal dua kali panen,” ujar Bupati Poltak Sitorus.

Masalah kelangkaan pupuk, masyarakat diminta untuk beralih menggunakan pupuk organik.

Mewakili penerima BSPS, Arles Hutagaol dari Desa Sigumpar Barat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas pemberian bantuan bedah rumah ini.

“Kami merasa senang atas bantuan yang telah diberikan kepada kami. Rumah kami tidak akan bocor lagi, dan menjadi layak untuk kami tempati,” sebut Arles Hutagaol.

“Semoga Tuhan menambahkan hikmat dan kebijaksanaan kepada bapak untuk memimpin kami masyarakatmu,” ucapnya mengakhiri.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri