Pemkab Toba Peringati Hari Disabilitas Internasional

Pemerintah Kabupaten Toba memperingati Hari Disabilitas Internasional, dengan Tema “Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel, dan Berkelanjutan, Pasca Covid-19”, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (3/12/2021).

Pada kesempatan ini, penyandang disabilitas dari Yayasan Cahaya Bersama Rakyat (CBR) Kabupaten Toba memberikan hasil karya mereka, berupa topi dari salah satu Pahlawan Nasional, Sisingamangaraja XII.

Penyandang disabilitas berharap, topi yang diberikan dapat berkenan dan sesuai dengan keinginan Bupati, serta sesuai janji akan memesan 100 buah.

Dalam sambutannya, Bupati Toba Poltak Sitorus mengucapkan rasa bangga, dengan diadakannya acara ini.

“Terimakasih, saya tambah ganteng hari ini,” sebut Bupati Poltak kepada penyandang disabilitas.

“Semoga ini menggugah kesadaran dunia, kesadaran kita semua, akan pentingnya pemenuhan, perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas, di berbagai aspek kehidupan,” tambahnya

Dia juga berpesan, agar kaum disabilitas tidak merasa rendah diri, merasa kecewa, dan marah kepada Tuhan, sebab kita berharga di mata Tuhan, tetapi harus tetap semangat dan optimis, supaya dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

“Jangan fokus pada kelemahan itu, tapi arahkan, ubahkan kelemahan itu jadi kekuatan,” ujar Bupati Poltak memotivasi.

Pemkab Toba menyadari masih banyak kekurangan, dalam memenuhi hak penyandang disabilitas, namun kedepan, secara bertahap akan mengambil langkah-langkah konkrit, serta menerima masukan, kritik dan saran dari kaum disabilitas, dan seluruh unsur masyarakat, untuk mengupayakan pemenuhan hak penyandang disabilitas di kemudian hari.

Untuk saat ini, kaum disabilitas yang terdaftar di BPJS sekitar 80 persen, Bupati Poltak berharap semua kaum disabilitas dapat ikut BPJS di tahun mendatang.

Selanjutnya, Pemkab Toba menyerahkan bantuan berupa mesin jahit dan sembako kepada penyandang disabilitas.

Turut hadir, Wakil Bupati Toba Tonny M. Simanjuntak, Jenderal (Purn.) Simangunsong, Sekretaris Daerah Audi Murphy Sitorus, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus, Kadis Sosial Rajaipan Sinurat, Kadis Kominfo Lalo Hartono Simanjuntak, mewakili PT. Inalum dan undangan lainnya.

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri