Pemkab Toba Motivasi Pelajar Seusai Ibadah Puncak Tahun Kesehatian dan Ulang Tahun ke-60 HKBP Resor Paindoan Pohan

Pemerintah Kabupaten Toba mendorong dan memotivasi para pelajar agar lebih bergiat belajar. Khusus pelajar SMP agar berupaya masuk dan melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMA unggulan di daerah ini yaitu Del atau Yayasan TB Soposurung.

Hal ini disampaikan Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam sambutannya seusai Ibadah Puncak Tahun Kesehatian dan Ulang Tahun ke-60 HKBP Resor Paindoan Pohan di Desa Hutagaol Peatalun, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba,Minggu (30/10/2022).

Pada awal kata sambutannya Bupati Toba, Poltak Sitorus menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas Pesta Puncak Tahun Kesehatian dan Ulang Tahun ke-60 Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resor Paindoan Pohan.Gereja ini resmi menjadi resor pada 27 Oktober 1962 .

Menurut Bupati Poltak Sitorus, pemerintah dan gereja harus sama-sama berbuat baik untuk membuat jemaat dan warga sehati dan sepikir terutama untuk kemajuan sumber daya manusia dan kesejahteraan.

“Tahun Kesehatian.Sehati kita untuk berbuat baik. Jadi bupati juga harus berbuat baik kepada semua masyarakat Kabupaten Toba,”katanya.

Bupati pun menyatakan setuju dengan khotbah Praeses HKBP Distrik XI, Pdt Same Siahaan yang berisi ajakan bersiap menghadapi bila resesi dengan mengurangi hal konsumtif.Kemudian memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam tanaman seperti sayur,cabai atau tanaman berbuah lainnya.

“Apa yang kita tanam suatu saat akan kita tuai. Tanam dua kali panen dua kali”kata Bupati Poltak Sitorus.

Soal kesulitan mendapatkan pupuk kimia, bupati mengajak jemaat petani agar mulai menggunakan pupuk organik.

Kemudian Bupati membuka dialog dengan para jemaat yang berstatus pelajar peraih Juara 1,mulai SD ,SMP dan SMA ,tentang sikap Batak Naraja (Marugamo,Maradat,Maruhum ,dan Marparbinotoan) . Kemudian mengajak menggalakkan budaya gotong royong. Lanjut ,soal talenta atau bakat setiap warga jemaat menjadi pribadi yang produktif.
“Ayo berinvestasi di Toba.
Saya minta jemaat menggunakan talenta masing-masing. Dinas Perindagkop akan melatih mengembangkan talenta-talenta khususnya karang taruna,”kata Bupati Poltak Sitorus.

Seusai memberikan motivasi semangat belajar bagi para pelajar tersebut , Bupati pun memberikan tali asih sebagai apresiasi prestasi juara 1 di sekolah masing-masing.

Hal berikutnya , dalam kesempatan ini,Bupati Poltak menyosialisasikan persiapan International Boat Race F1H20 yang akan berlangsung pada 24-26 Februari 2023.

Ia mengajak masyarakat bersiap ambil bagian menambah penghasilan dengan menyiapkan penginapan wisatawan berupa 1 atau 2 kamar bersih di rumah warga ,ala homestay.

Hasil pantauan ,di sekitar lokasi gereja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba menyediakan bus pelayanan kepada warga jemaat atau masyarakat yang memerlukan pelayanan administrasi kependudukan.

Hadir Pendeta Resor HKBP Paindoan Pdt.Charles G. Manik bersama seluruh penatua gereja dan para jemaat HKBP se-resor Paindoan Pohan.

Turut hadir mendampingi bupati, Ny.Rita Marlina Poltak Sitorus, sejumlah para pimpinan organisasi perangkat daerah, Kepala Bagian Setdakab,dan undangan lainnya.(MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri