Pemkab Toba Jamin Harga Jagung Stabil

MC – Toba, – Guna mendukung program Pemerintah Kabupaten Toba yang kini sedang menggalakkan pertanian jagung, pemerintah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM setempat menjamin harga jagung akan tetap stabil hingga akhir tahun 2021.

Terlebih sejak tahun 2020 lalu hingga awal September tahun ini, harga komoditi jagung terbilang baik diakumulasi harga Rp. 4.000-Rp5.000 per Kilogram.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Toba, Tua Pangaribuan pada Rabu (1/9/2021) di ruang kerjanya.

“Masyarakat khususnya petani tidak perlu khawatir soal harga jagung. Kita yakin harga jagung akan tetap stabil hingga akhir tahun ini,” sebutnya.

Meski begitu, pemerintah siap mencari solusi jika nantinya harga jagung anjlok, termasuk menjual langsung hasil panen ke pabrik, agar harga tidak terlalu anjlok.

“Langsung kita arahkan ke pabrik jika harganya turun, agar harga jual petani tidak terlalu anjlok,” ujar Tua menambahkan.

Namun dirinya tetap yakin jika harga jagung akan stabil, mengingat tingginya kebutuhan pabrik akan komoditi jagung untuk memproduksi pakan ternak.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Toba mengucurkan dana hampir Rp. 6 Miliar lebih untuk pengadaan bibit jagung sebanyak 50.040 Kilogram, guna mendukung pemulihan ekonomi di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini.