Pemkab Toba Hadiri Pesta Syukur Gereja Methodist Indonesia di Balige

Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan selamat atas pelaksanaan pesta ucapan syukur dan rencana pembangunan renovasi gereja dan pastori Gereja Methodist Indonesia (GMI) Jemaat Manna Balige kepada majelis gereja dan jemaat.

Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus dalam kata sambutannya pada seusai Ibadah di GMI.Jemaat Manna Balige Resor Balige, Distrik 10 Wilayah I di Jalan Balige-Tarutung, Desa Hinalang, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (24/7/2022).

Menurut Bupati Poltak, dahulu di daerah ini, ketika musim panen padi selalu mencerminkan kebersamaan, dimana sebelum dimulai panen diadakan acara makan bersama. Ini disebutkan sebagai sikap berbagi dari para orang tua yang patut diikuti.

Sementara saat sekarang ini, sudah tampak sikap egois. Sikap negatif ini harus diubah, harus dibangun dan digalakkan kembali sikap kebersamaan tersebut. Sebagaimana yang dilaksanakan gereja hari ini, membawa ke gereja hasil panen padi, palawija dan lainnya sebagai persembahan.

Bupati Poltak juga memberikan hadiah atas jawaban pertanyaannya kepada seorang remaja putri dan seorang bapak.

Kepada remaja tersebut ditanyakan satu cerita Alkitab tentang Boas yang menyuruh istrinya bernama Rut agar menyisihkan hasil pertanian mereka.

Pertanyaan kepada seorang bapak adalah apa hasil pertanian unggulan Toba, yang dijawab dengan padi.

Bupati menambahkan selain padi, produk unggulan lainnya adalah kopi .

Pada bagian akhir sambutannya, Bupati Poltak kembali menyampaikan harapannya semoga rencana pembangunan renovasi gereja dan pastori gereja GMI Manna Balige ini bisa terlaksana dengan baik.

Sebelumnya Ketua panitia pesta, Ls.D.A Tampubolon mengucapkan selamat datang kepada Wakil Ketua DPRD, Bupati Toba dan jajarannya. Ia berharap dukungan doa dan moril untuk rencana pembangunan /renovasi gereja GMI Manna Balige.

Rangkaian pesta ini diawali ibadah syukur dengan khotbah dari DS.Pdt.Jon Edi Anto Purba, S.Th, M.Min. Dalam khotbahnya dikatakan bahwa pesta ucapan syukur, pesta gotilon (panen) dilakukan orang yang sudah mendapatkan pertolongan berkatNya.

Di negara Amerika Serikat pesta syukur ini dikenal dengan “Thanks giving day” yang dirayakan pada bulan November

Dikutip juga ayat Alkitab Lukas 11: 1-13 yang bertema “berdoa berbuat dan bersyukur.

DS.Pdt.Jon Edi Anto Purba juga mengatakan bahwa kita juga bersyukur dengan pembangunan daerah ini, sebagai destinasi super prioritas. Diharapkan semoga ada peningkatan hal keramahan pelayanan, ramah harga, bersih dan rapi juga soal penataan kepariwisataan.

Turut hadir Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak, Wakil Ketua DPRD Toba Mangatas Silaen, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus, Ny. Erna Grace Tonny Simanjuntak, Pj.Sekdakab Toba Augus Sitorus dan isteri, Staf Ahli Bupati Audi Murphy O.Sitorus, sejumlah pimpinan OPD, dan Kabag Setdakakab Toba.(MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri