Pemkab Toba Gelar Bimtek II Penyusunan Master Plan Smart City

MC – Toba, – Sekda Kabupaten Toba Audi Murphy O.Sitorus menyebutkan Bimbingan Teknis tahap kedua tentang Penyusunan Master Plan Smart City (Kota Cerdas) harus kita manfaatkan dengan baik.

Bimtek ini menunjukkan akan kesiapan kita menuju pemerintah yang lebih baik sesuai program pemerintah pusat.

Hal ini disebutkan Sekda Audi Murphy O.Sitorus yang mewakili Bupati Toba dalam sambutannya saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City (Kota Cerdas) di Aula SMA Unggul Del, Laguboti,Senin (27/9/2021).

Menurut Sekda Murphy, bimtek Smart City tahap pertama telah dilaksanakan pada tanggal 28 -29 Juni 2021 lalu.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat menghunjuk Kabupaten Toba ikut dalam 100 Kabupaten/Kota di Indonesia sebagai pilot project.

“Bagaimana menuju Smart City di Kabupaten Toba nanti dipaparkan narasumber sebagaimana ada 6 dimensi,” sebutnya.

Dimensinya adalah Smart Government,Smart City, Smart Mobility, Smart Economy, Smart Environment,Smart Living,dan
Smart People.

Sekda Murphy juga menjelaskan secara sederhana bahwa semua peserta ( pimpinan OPD dan staf) dan masyarakat Kabupaten Toba pasti senang akan hal yang smart-pintar -cerdas. “Jadi kita harus siap melaksanakan hal ini dengan sebaiknya,” katanya.

Turut memberikan sambutan dukungan acara ini yaitu Kadis Kominfo Provinsi Sumatra Utara yang diwakili Kabid Egov Rismawaty Simanjuntak, Perwakilan Kemenkominfo (narasumber) Barry Simorangkir , dan Wakil Ketua DPRD Candrow Manurung.

Sebelumnya Kadis Kominfo Toba Lalo Hartono Simanjuntak selaku ketua panitia menyampaikan laporan tentang persiapan dan tujuan Bimtek yang akan digelar selama dua hari (26-27 September 2021). Selama bimtek tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Turut hadir Wakapolres Toba Janner Panjaitan, Pabung Kodim 0210/TU K.Napitupulu, Kepala BPS Toba Whenlis Purba, Wakil Ketua TP. PKK Toba Ny.Erna Grace Tonny M.Simanjuntak, Tokoh agama H.Imran Napitupulu, dan lainnya.

Seusai acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber Kadis Kominfo Toba Drs.Lalo Hartono Simanjuntak, M.Si dan Barry Simorangkir. Kemudian diskusi dan pemaparan dan pembahasan rencana aksi dari 6 grup indikator Smart City.