Pemkab Toba Dukung Parsadaan Raja Ompu Gugun Aruan Yang Akan Memberi Bantuan Pendidikan

Pemerintah Kabupaten Toba sangat mendukung kalau ada yayasan yang didirikan perkumpulan marga, bisa mendukung pemberian bantuan pendidikan (beasiswa) bagi pelajar di daerah ini.

Seperti halnya yang dilakukan Parsadaan Raja Ompu Gugun Aruan.Hal ini terungkap saat beraudiensi kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus di Kantor Bupati,Balige, Kabupaten Toba,Rabu (19/10/2022).

Ketua Panitia Pesta Peresmian Tugu Raja Ompu Gugun Aruan,Tagor Aruan menyampaikan kepada Bupati Poltak Sitorus bahwa atas dasar dana swadaya dan kesatuan hati semua keturunan Raja Ompu Gugun Aruan, pembangunan tugu bisa selesai dengan baik.

Selain itu ,kata Tagor Aruan, tugu yang hidup -seperti yang disampaikan Bupati Poltak Sitorus- telah dipikirkan dengan Yayasan Aruan. Kas punguan Yayasan Aruan nantinya dipergunakan untuk bantuan pendidikan atau prestasi olahraga.
Selain itu disebutkan,selain makam ada lagi lahan seluas 70×50 m nanti untuk fasilitas publik guna peningkatan ekonomi bagi masyarakat setempat dan sarana olah raga futsal.

Jadi desain lokasi tugu ini bisa juga sebagai lokasi berwisata dan hal kreatif lainnya.

Dalam kesempatan ini , pihaknya pun mengundang Pemerintah Kabupaten Toba untuk menghadiri pesta Peresmian Tugu Raja Ompu Gugun Aruan di Huta Aruan,Jalan Gompar Sibasar, Kecamatan Laguboti , Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, yang direncanakan pada Kamis ,24 November 2022 mendatang.

Setelah mendengar hal tersebut, Bupati Poltak Sitorus mengucapkan terima kasih atas kehadiran panitia .Ia pun akan hadir nanti pada acara peresmian tugu.

Kemudian Bupati Poltak Sitorus juga memberikan masukan beberapa hal diantaranya tentang pemikiran bantuan beasiswa dari Punguan marga Aruan bagi siswa berprestasi yang tidak mampu, kemudian agar disosialisasikan nantinya pada saat pesta yaitu 4 prinsip Batak Naraja : Marugamo (saling peduli), Maradat (sopan santun),Maruhum (taat hukum) dan Marparbinotoan (berilmu pengetahuan.

Pada pesta nantinya juga akan turut disosialisasikan bahwa pada 24-26 Februari 2023 sebuah perhelatan akbar Internasional Boat race F1H2O di Danau Toba ,tepatnya di Balige, Kabupaten Toba.

Mendengar hal tersebut, pihak Tagor Aruan yang didampingi Sekretaris Panitia Ir. Enson Aruan,Anggota Panitia Selamat Aruan,Ketua Punguan Toba,Jatimin Aruan dan Penasehat Punguan Keturunan Raja Ompu Gugun Aruan Kabupaten Toba Manuala Aruan menyambut baik rencana promosi kegiatan pariwisata tersebut saat berlangsungnya pesta Tugu Raja Ompu Gugun Aruan.

Turut hadir mendampingi bupati, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Plt.Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar,Plt.Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, Kabid Promosi Wisata Tulus Hutabarat, Kabag Kesra Tanda Dongoran,dan Kabag Prokopim Try Sutrisno.P.Samosir. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri