Pemkab Toba Berikan Bibit Jagung di Kecamatan Bonatualunasi

MC Toba – . Pemerintah Kabupaten Toba saat ini menggalakkan peningkatan indeks pertanaman lahan sawah dan lahan lainnya yang siap tanam dengan komoditi jagung unggul. Tujuannya yaitu menyukseskan pemulihan ekonomi di masa pandemi Cov8d-19 ini.

Hal ini disampaikan Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Wabup Tonny M.Simanjuntak ,Sekda Audi Murphy O.Sitorus dalam arahannya kepada perwakilan Kelompok Tani Kecamatan Bonatua lunasi sebelum acara Bertanam Jagung Bersama di Desa Partoruan Lumban Lobu, Kecamatan Bonatualunasi, Selasa (3/8/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan bahwa kehadiran Pemerintah Kabupaten Toba untuk ikut dalam kegiatan penanaman jagung secara bersama sama dengan masyarakat adalah juga guna menyukseskan visi misi Kabupaten Toba yang Unggul dan Bersinar dimana salah satu misinya adalah menjadikan Toba sebagai daerah pertanian makmur dan sejahtera.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Poltak Sitorus, mari kita bergotong royong dan berdoa kepada Tuhan agar biji jagung yang ditanam di seluruh wilayah Toba dapat tumbuh dengan baik, menghasilkan panen jagung yang dapat menambah penghasilan masyarakat petani.

Bupati Toba juga menyampaikan bahwa pemerintah telah mempersiapkan benih jagung yang terbaik yakni Pioneer 32.

“Bibit akan diberikan untuk petani yang lahannya siap ditanam, mengapa demikian? guna mencegah bibit dijual kembali. Jangan jual bibitnya, kita harus tanam karena hasilnya pasti lebih besar,” sebut Bupati Poltak sembari memberikan contoh hitungan hasil dengan asumsi Harga jagung Per Kilo Rp.4.800.

Selanjutnya Bupati Poltak Sitorus dan rombongan memberikan secara simbolis bibit jagung kepada 6 Kelompok Tani ; Anugrah Partoruan, Lamhotna Partoruan, Jaya Nagatimbul, Sauduran Nagatimbul ,Pioner Silamosik II,dan Sinar Nagatimbul.

Sebelumnya Tokoh masyarakat setempat Op.Jonathan Sitorus menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran pemerintah dalam memberikan perhatian kepada masyarakat secara langsung di sektor pertanian. Ia meminta pemerintah melalui Dinas Pertanian agar membantu dalam pembasmian hama tikus yang kerap mengganggu tanaman jagung.

Disela sela acara tersebut Kepala Desa Harungguan Posman Sitorus (juga Kecamatan Bonatualunasi) melakukan demo alat mesin pemipil jagung mini yang merupakan hasil temuannya sendiri yang bisa membantu masyarakat memipil jagung setelah musim panen dan telah dikeringkan. Mesin ini dapat memipil jagung dengan kapasitas 1,5 Ton/hari. dijelaskan juga biaya memproduksi alat tersebut sangat relatif murah dan dari bahan yg cukup sederhana.

Turut hadir dalam kegiatan tanam jagung yaiitu Ketua TP.PKK Kab.Toba Ny.Marlina Poltak Sitorus b.r Sitinjak,Wakil Ketua TP PKK Ny Erna Tonny Simanjuntak b.r Sihotang Ketua Dharma Wanita Toba Ny Riama Audi Murphy Sitorus br.Nainggolan, Staf Ahli Bupati Darwin Sianipar, Asisten Ekonomi Pembangunan Sahat Manullang, Kadis Ketahanan Pangan Marsarasi Simanjuntak, Plt.Camat Bonatua Lunasi Judiman Silitonga , perwakilan Uspika Kecamatan Bonatua Lunasi dan sejumlah pejabat lainnya. (MC Toba)