Pemkab Toba Benahi Sarana Prasarana Dasar Objek Wisata

MC – Toba, – Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat sedang melakukan pembenahan fisik dasar sarana dan prasarana (Sarpras) di 4 objek desa wisata.

Pembenahan ini dalam rangka mendukung pelayanan kepada pengunjung wisata, diantaranya pembangunan toilet, tempat parkir, gazebo, kios kuliner, dan jalan setapak.

Anggaran pembenahan sarpras dasar pariwisata bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Kabupaten Toba tahun anggaran 2021 melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Yaitu di 4 objek Desa Wisata yakni objek Wisata Desa Tarabunga di Kecamatan Tampahan, objek Wisata Desa Pantai Lumban Binanga dan objek Wisata Desa Pantai Pardinggaran di Kecamatan Laguboti dan objek Wisata Desa Pantai Parparean di Kecamatan Porsea,”sebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Toba, Jhon Piter Silalahi di ruang kerjanya, Selasa (31/8/2021).

Menurut Jhon Piter, kegiatan pekerjaan di 4 objek wisata itu, berjumlah sebanyak 29 paket penunjukan langsung dan 5 paket lelang.

“Dengan total anggaran pagu sebesar Rp.10,4 Miliar, sebagian paket pekerjaan sudah berlangsung,”sebut Jhon Piter.

Pemkab Toba berharap,lanjutnya, dengan rampungnya pekerjaan sarpras dasar objek wisata itu, akan memberi rasa nyaman dan aman terhadap setiap pengunjung.

“Kita berharap pandemi dapat segera berakhir sehingga sektor kepariwisataan dapat berjalan normal di kawasan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang tentunya secara khusus akan membawa dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Toba, “pungkas Jhon Piter.