Pemkab Toba Bahas Kerja sama Pengembangan Bawang Merah Dengan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Kebun Gurgur

Menindaklanjuti nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Toba dengan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Kebun Gurgur maka melalui Dinas Pertanian setempat telah membahas lebih lanjut kegiatan pengembangan pertanian bawang merah Tahun 2022.

Pembahasan isi kerja sama tersebut digelar rapat di Gedung IP2TP di Desa Gurgur Aek Raja, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Kamis (14/7/2022).

Rapat dihadiri Asisten Perekonomian Jonni D.P Lubis, Kadis Pertanian T.H Sitorus beserta jajarannya, Kabag Hukum Lukman J.Siagian, pejabat Bagian Tata Pemerintahan ,Dinas Ketahan Pangan, dan Dinas Kominfo. Dari pihak IP2TP Kebun Gurgur adalah Jintamin Saragih.

Dalam rapat disepakati sejumlah bahan perjanjian kerja sama diantaranya bahwa pihak IP2TP Kebun Gurgur akan mengembangkan benih bersertifikat bawang merah varietas batu ijo di lahan 1 Ha dengan kewajiban pihak Dinas Pertanian Toba menyediakan benih 1.500 kg dan sejumlah komponen pendukungnya.

Diharapkan melalui pengembangan budi daya bawang merah ini akan mendapatkan panen sekitar 5 ton dan akan menjadi benih yang akan dibagikan kepada masyarakat petani.
Selain itu pihak IP2TP Kebun Gurgur juga nantinya akan memberikan bimbingan teknis budi daya bawang merah ini.

Asisten Perekonomian Jonni D.P Lubis berharap perjanjian kerja sama ini segera ditandatangani oleh para pihak.

Hal yang sama juga dikatakan pihak IP2TP Kebun Gurgur, Jintamin Saragih. Setelah kerja sama ini dilaksanakan diharapkan pengetahuan budi daya bawang merah ini bisa bermanfaat bagai Pemkab Toba dan petaninya. (MC Toba)

website - sekabet -

Sağlık Makaleleri