Pemkab Toba Akan Benahi Alat Riset Pelajar di Toba

MC – Toba, – Setelah kelompok pelajar SMP dari Kabupaten Toba gelar juara di tingkat Internasional, Dinas Pendidikan Kabupaten Toba memberi perhatian khusus bagi pengembangan riset para pelajar. Pihak dinas berupaya membenahi peralatan riset agar para pelajar di Toba semakin bersemangat.

Sebagai buah kerja keras, Riset seputar Pohon Rimbang sebagai Pengemulsi Susu Kerbau membawa para siswa dari SMPN 1 Sigumpar, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba, hingga kancah internasional.

Dalam ajang tingkat dunia, SMP Negeri 1 Sigumpar meraih juara III dengan judul riset “Utility Rimbang (Solanum torvum) As Microemulsion Buffalo Milk”.

Prestasi itu ditorehkan tiga siswa yang mengikuti lomba pada Juni 2020 yang kemudian menorehkan medali perunggu di tingkat dunia pada November 2020, adalah Restu G.Simangunsong, Mindo Napitupulu, dan Ivan Sitorus.

“Memang ada anak kita yang berprestasi sampai pada tingkat Internasional. Itu harus kita syukuri bahwa mereka berprestasi seperti itu,” ujar Plt.Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu pada Jumat (27/8/2021).

Setelah mendengar kekurangan alat riset, Rikardo Hutajulu akan berkomunikasi dengan pihak The South East Ministers of Educational Organization (SEAMEO) atau yang dikenal Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara.

“Kita akan buat persiapan bagi mereka. Ini kita akan  komunikasi dengan kementerian dan ada sebenarnya persiapan alat-alat laboratorium, dan itu memang perlu di setiap sekolah,” terangnya.

Emang di beberapa sekolah ia lihat sudah lengkap, namun di sekolah lain laboran. Sebenarnya ada juga perhimpunan para menteri pendidikan se-Asia Tenggara, kita akan kerja sama dengan mereka setelah pandemi Covid-19 ini berlalu.

Saat ini, ia hanya menunggu pandemi Covid-19 berlalu agar segera berkoordinasi dengan organisasi tersebut. “Dan saya sudah persiapkan untuk komunikasi dengan mereka,” katanya.