Pemerintah Kabupaten Toba Terima Opini WTP ke V

Pemerintah Kabupaten Toba berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke V (lima) secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020. Capaian ini merupakan pertama kalinya dibawah era kepemimpinan pasangan Ir. Poltak Sitorus dan Tonny M. Simanjuntak,SE.

Acara penyampaian opini dilaksanakan di Gedung BPK RI Perwakilan Sumattra Utara, di Jln. Imam Bonjol, Medan, Sumatra Utara,Jumat 16 April 2021.

Pemerintah Kabupaten Toba menyerahkan LKPD unaudited TA 2020 tepatnya pada hari Rabu , 17 Februari 2021. Meskipun dalam suasana wabah Covid-19, BPK telah menyelesaikan hasil pemeriksaannya.

Pemeriksaan Laporan Keuangan bertujuan untuk memberikan opini, dimana opini BPK merupakan pernyataan professional pemeriksa atas kewajaran penyajian laporan keuangan dengan berdasarkan kepada Kesesuaian penyajian dengan SAP, Efektivitas SPI, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,dan Kecukupan pengungkapan. Berdasarkan hal-hal tersebut, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Rombongan Pemkab Toba dan Ketua DPRD Kabupaten Toba, Effendi Napitupulu, disambut oleh Kepala Perwakilan BPK Sumut, Eydu Oktain Panjaitan, Kepala Sub Auditorat Sumut III, Syafruddin Lubis, Pengendali Teknis, Rekson Pangaribuan dan staf kantor BPK Perwakilan Sumut lainnya.

Kepala Perwakilan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Toba yang kembali meraih opini WTP dan juga mengingatkan Pemerintah Kabupaten Toba agar segera menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 Pasal 20 ayat 3 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Atas raihan itu, Bupati Toba, Poltak Sitorus, sangat bersyukur LKPD bisa dibuat secara tertib. Ia berharap prestasi ini dapat di pertahankan. Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak atas kerja kolektifnya menghadirkan kembali opini WTP bagi Pemkab Toba.

“Mempertahankan memang sulit, tapi kedepannya kita berharap memperoleh WTP bukan hanya lima kali,”;kata Bupati Poltak Sitorus.

Kedepannya Poltak juga berharap Pemkab Toba dan Legislatif Kabupaten Toba bisa bekerja sama untuk mewujudkan visi dan misi ” Toba Unggul dan Bersinar.”

“Mudah-mudahan dengan opini wajar tanpa pengecualian ini, merupakan spirit kita selama dalam menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan ke BPK RI. Kita mulai rapih dan bagus,” ucap Bupati Poltak Sitorus.

Mewakili DPRD Kabupaten Toba, Ketua DPRD Effendi S.P.Napitupulu menyampaikan ucapan selamat atas diraihnya WTP lima kali secara berturut-turut.

” WTP hanyalah entitas, yang terpenting adalah pencapaian WTP harus berbarengan dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dilapangan harus dilaksanakan dengan lebih baik sehingga dapat mendorong pembangunan di Kabupaten Toba,”kata Effendi mengakhiri.

Turut juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Audi Murphy Sitorus, Inspektur Kabupaten Toba Wallen Hutahean, Kepala BPKAD Toba,
Ganyang Situmorang, Kepala Dinas Kominfo Toba Lalo Hartono Simanjuntak, Sekretaris DPRD Toba Agus Sitorus, Kepala Bagian Humas Robinson Siagian dan pejabat lainnya.