Pemerintah Desa Berperan Penting Pada Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

MC _Toba, – Peran dan keterlibatan Pemerintah Desa, sangat dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi massal yang digelar di Kabupaten Toba saat ini.

Hal itu disampaikan Kepala UPT Puskesmas Laguboti, Kabupaten Toba, Daslan Simanjuntak Sabtu (14/8/2021).

Menurut Daslan, dukungan pemerintah desa itu sangat diperlukan seperti yang sudah dilakukan pada saat vaksinasi Covid-19 di tiga desa di Kecamatan Laguboti yang merupakan wilayah tugas pelayanannya.

“Pada pelaksanaan vaksinasi massal, kita melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan bidan desa setempat, terkait rekruitmen warga yang menjadi prioritas sasaran penerima vaksin. Termasuk penjadwalan pelaksanaan vaksinasi yang dilangsungkan di desa masing-masing, ditambah dukungan dari TNI/Polri dalam pengawasan pelaksanaan vaksinasi,” kata Daslan.

Hal itu sangatlah penting guna meminimalisir kerumunan dan efektifitas pelayanan tenaga kesehatan saat melakukan pelayanan sekaligus maksimalisasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

“Terimakasih peran serta dan dukungan dari setiap kepala desa untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Toba. Di Kecamatan Laguboti, sebanyak 462 dosis 1 vaksin Sinovac, sudah disuntikkan bagi warga di 3 desa yakni Desa Sitoluama, Ompu Raja Hutapea dan Desa Sintong Marnipi, dimana disetiap desa dibuat pos pelayanan pelayanan masing-masing,” papar Daslan.

Terpisah, Pj. Kepala Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Melda Friska Sinurat mengapresiasi pelayanan Nakes yang sudah memvaksin warganya.

“Kami dari pemerintah desa akan selalu siap mendukung program vaksinasi kepada masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19. Selanjutnya kami mangimbau seluruh masyarakat agar tetap mewaspadai penyebaran corona dengan selalu displin mematuhi prokes dan mematuhi Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” pungkas Melda Friska.