Pantai Tambunan Sunset Beach Tetap Dirawat selama Pandemi

MC – Toba, – Pantai Tambunan Sunset Beach adalah salah satu objek wisata yang layak dikunjungi. Salah satu pantai Danau Toba yang berada di Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, ini memiliki pantai yang landai, suasana lingkungannya juga menyenangkan dan menyejukkan, karena indah dan bersih.

R. Boru Sibarani, warga Desa Lumban Gaol mengatakan, pantai Tambunan Sunset Beach ditata Pemerintah Kabupaten Toba, sekitar 3 tahun lalu.

Setelah ditata, wisatawan lokal dan mancanegara ramai berwisata di pantai itu terutama pada saat libur dan hari Sabtu dan Minggu. Tetapi setelah COVID-19, wisatawan yang berkunjung, berkurang drastis.

“Kalaupun ada, hanya beberapa saja, tidak seperti sebelum COVID-19, ramai. Itu pun hanya pada hari Sabtu dan Minggu saja,” katanya di Pantai Tambunan Sunset Beach, Selasa (28/9/2021).

Namun demikian, kebersihan pantai dan lingkungannya diakui tetap mereka jaga dan pelihara.

Warga lainnya Maurid Tambunan, mengutarakan pendapat serupa. Keindahan dan kebersihan pantai dan lingkungannya tetap mereka jaga dan pelihara.

Hal ini dilakukan karena kebersihan menurutnya merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Ia berharap COVID-19 segera berakhir agar kehadiran wisatawan di pantai itu kembali ramai seperti semula, sehingga ekonomi masyarakat sekitar khususnya pengusaha kuliner yang berjualan di lingkungan pantai kembali tumbuh baik.

“Jangan seperti satu tahun terakhir, pengunjung sepi,” katanya.